10 Drama Korea Pilihan dalam 10 Tahun Terakhir

Dalam 10 atau 15 tahun terakhir ini, dunia hiburan Korea berkembang begitu cepatnya. Di dunia TV, tayangan-tayangan Korea kian menarik dan berkualitas, terlebih lagi serial TV alias dramanya. Para sineas yang berada di balik layar drama benar-benar menunjukkan dedikasinya dalam membuat sebuah tayangan bermutu yang tak asal bikin. Para aktor dan aktrisnya pun dikasting secara hati-hati dan digaji mahal untuk membintangi sebuah drama. Semua ini dilakukan secara serius meski drama Korea notabene hanyalah sebuah serial TV.

Drama Korea Pilihan

Jika Anda perhatikan, penggarapan drama TV Korea lebih mirip dengan penggarapan film layar lebar. Budget yang digelontorkan jumlahnya tak main-main. Dan jika ratingnya kurang memuaskan, maka drama tersebut akan segera di-cut alias dihentikan penayangannya, tak peduli berapa orang pun yang akan memprotesnya. Itulah drama Korea, yang kompetitif, serba cepat, namun tetap mengedepankan kualitas, lebih dari sekedar tontonan TV.

Dan kini saatnya kami ajak Anda membaca ulasan tentang 10 drama Korea pilihan yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam satu dekade terakhir.

~O~

My Girl (SBS/2005-2006)

My Girl

Siapa tak kenal nama-nama seperti Lee Da-hae, Lee Dong-wook, Lee Joon-gi, dan Park Si-yeon? Mereka semuanya adalah aktor papan atas Korea yang punya karir panjang penuh kesuksesan, dan My Girl adalah salah satu drama awal yang meroketkan popularitas mereka, terutama tiga aktor yang disebut pertama. Dari segi rating, My Girl sukses mencapai rating puncak 24.9% dan merajai timeslotnya. Kisahnya berpusat pada Joo Yoo-rin yang harus bekerja keras demi menghidupi diri sekaligus melunasi hutang-hutang ayahnya. Ia kemudian bertemu dengan Seol Gong-chan, pewaris kaya yang menawarinya pekerjaan super unik.

The 1st Shop of Coffee Prince (2007)

The 1st Shop of Coffee Prince

Bicara soal Yoon Eun-hye, tentu kita wajib membicarakan salah satu drama yang sukses melejitkan namanya, Coffee Prince. Drama berdurasi 17 episode ini menceritakan kisah romantis dengan cara yang tak biasa. Jangan bayangkan Eun-hye akan tampil feminin dan cantik seperti kita kenal sekarang; sebaliknya ia berperan sebagai seorang cewek tomboy ahli taekwondo yang juga kerja serabutan bernama Go Eun-chan. Di sisi lain ada Gong Yoo alias Choi Han-kyul, cucu dari seorang chaebol yang bergerak di jaringan bisnis makanan. Eun-chan dan Han-kyul akan membuat Anda terhibur dengan roman komedi yang begitu unik.

East of Eden (MBC/2008)

East of Eden

East of Eden adalah sebuah drama panjang berbudget tinggi yang dibintangi banyak aktor top, mulai dari Song Seung-heon, Yeon Jung-hoon, hingga Lee Da-hae, Lee Yeon-hee, Park Hae-jin, serta Han Ji-hye. Kisahnya berfokus pada rivalitas sengit antara dua pria yang nasibnya saling berkelindan. Keduanya bahkan tertukar, atau lebih tepatnya sengaja ditukar, semenjak bayi. Lee Dong-chul dan Lee Dong-wook, yang ayahnya dibunuh oleh Shin Tae-hwan, sama-sama menyimpan dendam. Nasib membawa mereka bertemu dengan Shin Myung-hoon, putra Tae-hwan yang mereka benci, yang sebenarnya adalah adik kandung Dong-chul yang tertukar itu.

Brilliant Legacy (SBS/2009)

Brilliant Legacy

Brilliant Legacy menyandang status sebagai salah satu drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa. Han Hyo-joo dkk berhasil membukukan rating puncak 47,1%. Dalam drama 28 episode ini, Hyo-joo juga ditemani Lee Seung-gi, Bae Soo-bin, dan Moon Chae-won. Kisahnya berpusat pada Go Eun-sung, gadis malang yang diusir oleh ibu tirinya dan menjalani kehidupan yang susah. Namun ketulusannya mampu menyentuh hati seorang konglomerat tua, yang kemudian membawanya ke rumahnya dan mengumumkan bahwa ia akan menjadi pewarisnya dengan syarat khusus. Wanita tua itu sebenarnya adalah nenek Sunwoo Hwan, pria yang tak asing bagi Eun-sung.

Personal Taste (MBC/2010)

Personal Taste

Apa daya tarik terbesar Personal Taste? Mungkin kita serempak menjawabnya: “Lee Min-ho dan Son Ye-jin!” Ya, dua aktor top itu memang menjadi jaminan rating setiap drama atau film yang mereka bintangi. Namun Personal Taste sendiri sebenarnya punya skenario unik yang sukses mencuri perhatian pemirsa. Diangkat dari sebuah novel, drama ini menampilkan Min-ho sebagai arsitek muda yang ambisius bernama Jin-ho. Ia bahkan rela berpura-pura menjadi gay agar bisa masuk ke Sanggojae yang dihuni desainer furnitur wanita bernama Kae-in. Pada akhirnya, keduanya memang akan jatuh cinta, tapi ada seorang pria gay tulen yang juga jatuh cinta pada Jin-ho!

Dream High (KBS2/2011)

Dream High

Kim Soo-hyun, Suzy, dan sederet artis K-Pop lainnya macam Taecyeon, Eunjung, Wooyoung, serta IU ramai-ramai menghibur pemirsa lewat sebuah drama remaja musikal yang begitu populer, Dream High. Tingginya rating serta banyaknya apresiasi yang diterima drama ini membuat produser merilis sekuelnya, Dream High 2, dengan line-up pemain berbeda. Kisahnya berpusat pada enam murid SMA yang sama-sama punya mimpi untuk menjadi idol K-Pop. Berbagai skill yang dibutuhkan untuk menjadi idol mereka pelajari, dari menyanyi, menulis lagu, hingga dance. Di sela-sela itu, ada nuansa romantis yang hadir di antara mereka, yang begitu khas remaja.

Rooftop Prince (SBS/2012)

Rooftop Prince

Lucu dan sangat menghibur, itulah kesan yang didapat seusai menonton Rooftop Prince, roman fantasi komedi yang dibintangi Park Yoochun dan Han Ji-min. Drama 20 episode ini menceritakan kisah seorang putra mahkota Joseon bernama Lee Gak yang melintasi waktu sejauh 300 tahun untuk mengungkap misteri tentang kematian istrinya. Namun Lee Gak masuk dalam situasi yang serba membingungkan karena di abad ke-21 ini ia terjerat dalam kisah rumit yang melibatkan sosok pria kaya raya mirip dirinya, Tae-yong, yang sudah tewas dibunuh, serta Se-na, wanita yang begitu mirip istrinya dulu. Bagaimana Lee Gak menghadapi situasi serba rumit seperti ini?

Master’s Sun (SBS/2013)

Master's Sun

Lain daripada yang lain, itulah Master’s Sun. Drama ini secara brilian memasukkan unsur horor ke dalam roman komedi tanpa membuat pemirsa TV kabur karena tak kuat menonton drama hantu. Buktinya, rating drama yang dibintangi So Ji-sub dan Gong Hyo-jin ini begitu tinggi ketika ditayangkan. Kisah khas Korea tentang pria kaya vs. gadis miskin kembali tersaji, namun kali ini si gadis miskin itu punya kemampuan yang sangat mengusiknya, yakni bisa melihat hantu. Hal ini tentu saja sangat mengganggu hidupnya. Namun anehnya, para hantu itu akan lenyap seketika ketika ia memegang bosnya yang tak cuma tampan dan kaya, tapi juga sangat menyebalkan.

Pinocchio (SBS/2014)

Pinocchio

Kejutan manis dihadirkan SBS di penghujung tahun 2014 dengan menduetkan Lee Jong-suk dan Park Shin-hye dalam satu drama. Kontan saja fans kedua aktor yang sangat populer itu bersatu mendukung drama ini sampai tuntas. Hal ini menimbulkan kehebohan tersendiri setelah setahun sebelumnya pecinta K-drama begitu dipukau oleh pasangan Park Shin-hye dan Lee Min-ho dalam The Heirs. Dalam Pinocchio, Shin-hye dan Jong-suk tak hanya berurusan soal asmara dan perasaan, tapi lebih penting lagi, yaitu pengungkapan kebenaran sebagai jurnalis muda. Alhasil, Pinocchio tak hanya sukses secara rating dan komersial, tapi juga sukses merebut hati jutaan fans drakor baru di berbagai negara.

Kill Me, Heal Me (MBC/2015)

Kill Me Heal Me

Drama terakhir yang kami ulas ini adalah fenomena tersendiri di tahun 2015. Dengan tema yang tak biasa, Ji Sung dkk sukses mengandaskan Hyde, Jekyll, Me dari SBS yang dibintangi Hyun Bin dan Han Ji-min, yang juga mengusung tema yang sama tentang gangguan kepribadian di jam tayang yang sama. Ji Sung membawa Kill Me, Heal Me merajai MBC Drama Awards lewat penampilan luar biasanya sebagai pria yang punya tujuh kepribadian. Jadi Anda akan bisa melihat tujuh karakter berbeda yang diperankan oleh satu aktor saja, yakni Ji Sung. Penampilannya disempurnakan dengan hadirnya Hwang Jung-eum dan Park Seo-joon yang membuat pemirsa begitu menggemari drama satu ini.

Komentar Anda