10 Fakta Menarik Seputar Film Koi… Mil Gaya (2003)

Koi… Mil Gaya adalah film fiksi ilmiah Bollywood yang dibintangi pasangan Hrithik Roshan dan Preity Zinta dengan Rekha tampil sebagai pemeran pendukung penting. Film yang diproduseri dan disutradarai ayah Hrithik, Rakesh Roshan, ini mengisahkan ilmuwan Sanjay Mehra yang menciptakan sebuah alat untuk berkomunikasi dengan alien, namun tak ada satu orang pun yang mendukung usahanya. Dalam sebuah kecelakaan, Sanjay tewas dan istrinya yang mengandung selamat. Putra mereka pun lahir, Rohit, yang ternyata mengalami cacat mental karena kecelakaan itu. Ketika dewasa, Rohit menemukan komputer milik ayahnya dan secara tak sengaja mengundang alien untuk datang ke bumi. Bagaimana kisah selanjutnya? Berikut sejumlah fakta tentang Koi… Mil Gaya.

Koi... Mil Gaya

1. Banyak kacamata dicobakan pada Hrithik Roshan untuk membuatnya tampak kekanak-kanakan, tapi ia sendiri tak puas dengan hasilnya. Hrithik lalu ingat dengan kacamata lama yang pernah ia pakai di film Kaho Naa… Pyaar Hai dan ia merasa cocok.

2. Dalam film, ayah Rohit tewas karena kecelakaan dan ibunya terluka. Hal yang sama pernah menimpa aktris Preity Zinta ketika ia berusia 13 tahun.

3. Aishwarya Rai Bachchan awalnya diproyeksikan untuk memerankan karakter Nisha, yang kemudian diberikan pada Preity Zinta.

4. Koi… Mil Gaya adalah film drama musikal fiksi ilmiah pertama di India yang menggunakan banyak efek spesial.

5. Hrithik Roshan menjadi aktor pertama yang sanggup menyandingkan dua penghargaan Aktor Terbaik di ajang Filmfare Awards dan Filmfare Critics Award. Prestasi ini kemudian disamai Amitabh Bachchan dan Ranbir Kapoor.

6. Sebelum karakter Rohit hendak menyalakan komputer ayahnya dan secara tak sengaja berkomunikasi dengan alien, Rekha memperingatkan Hrithik Roshan bahwa ia akan menampar pipinya keras-keras. Hrithik mengira itu becanda, namun Rekha benar-benar menamparnya keras ketika kamera berputar, membuat Hrithik kaget.

7. Hrithik Roshan kesulitan menurunkan bobotnya untuk memerankan pemuda yang punya pikiran anak-anak karena ia juga sibuk syuting film lain di saat bersamaan. Ia pun harus mengenakan pakaian longgar untuk menyembunyikan postur aslinya dan mengubah tatanan rambutnya agar tampak kurus.

8. Suara James Colmer, pencipta Jadoo, dipakai untuk mengisi suara alien. Namun saat pasca produksi, suara Colmer digantikan oleh suara elektronik mekanis sebagaimana terdengar di film.

9. Budget produksi Koi… Mil Gaya adalah 300 juta rupee dan film berdurasi 166 menit ini berhasil mengemas pendapatan hingga kira-kira 800 juta rupee.

10. Atas penampilan cemerlangnya, Hrithik Roshan memanen gelar Aktor Terbaik dari ajang Zee Cine Awards, Bollywood Movie Awards, IIFA Awards, Apsara Awards, Star Screen Awards, serta Filmfare Awards.

Komentar Anda