10 Fakta Menarik Seputar Michelle Yeoh, Ratu Action Asia

Michelle Yeoh Choo-Kheng alias Michelle Yeoh adalah bintang film laga asal Malaysia yang namanya sudah mendunia. Wanita kelahiran 6 Agustus 1962 ini menuai ketenaran di era 90-an berkat penampilannya di banyak film action Hong Kong, di mana dia berani melakukan adegan-adegan berbahayanya sendiri. Yeoh paling dikenal sebagai pemeran Inspektur Jessica Yang di film Police Story 3: Super Cop (1992), Wai Lin di film James Bond Tomorrow Never Dies (1997), Yu Shu Lien di film Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000), Aung San Suu Kyi di film The Lady (2011), dan lain sebagainya.

Foto Michelle Yeoh

Berikut fakta-fakta menarik tentang Michelle Yeoh.

1. Di awal karirnya, Yeoh menggunakan nama panggung Michelle Khan. Studio D&B memilihkannya nama itu karena dirasa lebih menjual untuk audiens internasional dan Barat. Yeoh kemudian memilih menggunakan nama aslinya.

2. Yeoh berjuang sendiri di dunia film action Hong Kong yang didominasi pria. Karena itulah selama bertahun-tahun dia dikenal dengan julukan “Ratu Beladiri.”

3. Meski di berbagai film dia terlihat jago berkelahi dan kung fu, Yeoh sebenarnya tak pernah berlatih seni beladiri apapun. Dia hanya mengandalkan skill dancenya dan pelatih di lokasi syuting untuk menampilkan adegan-adegan actionnya.

4. Seperti Jackie Chan, Yeoh juga suka beraksi sendiri tanpa pemeran pengganti. Akibatnya dia sering mengalami cedera.

5. Meski kerap bermain film Hong Kong/Mandarin, dia masih tak bisa membaca tulisan Mandarin dan skenario filmnya harus dibacakan oleh orang lain.

6. Karena tak bisa membaca tulisan Mandarin, Yeoh mengandalkan pinyin (sistem notasi fonetik) untuk mengeja kata-kata. Dia menggunakan pinyin di film Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) untuk mengucapkan dialog-dialognya (dengan bantuan anggota kru) dalam bahasa Mandarin.

7. Dia pernah ditawari peran sebagai Seraph di dua film sekuel The Matrix (1999), namun terpaksa menolaknya karena masalah jadwal. Karakter Seraph pun diubah menjadi laki-laki dan diperankan Collin Chou.

8. Karena memerankan pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, di film The Lady (2011), Yeoh dicekal oleh pemerintah Myanmar. Dia dilarang masuk Myanmar pada tanggal 22 Juni 2011 dan dideportasi di hari yang sama.

9. Pada tahun 1983, Yeoh memenangkan kontes kecantikan Miss Malaysia di usia 20 tahun. Dia mewakili negaranya di kontes kecantikan Queen of the Pacific di Australia dan menang. Akhirnya dia menjadi wakil negaranya di ajang Miss World 1983 di London. Adapun wakil Indonesia di ajang itu adalah Titi DJ.

10. Di adalah aktris Asia kedua yang menjadi gadis James Bond di film setelah aktris Jepang, Mie Hama, di film You Only Live Twice (1967).

Komentar Anda