10 Fakta Menarik Tentang Christopher Nolan

Christopher Nolan adalah salah satu sineas terbesar dan paling sukses di abad-21. Pria kelahiran London, 30 Juli 1970, ini sudah membuktikan kapasitasnya sebagai sutradara handal sejak masih menukangi film-film independen. Berbagai karya penyutradaraannya selalu menuai apresiasi luas; kita bisa membuktikan kemampuan Nolan dengan menonton beberapa film terbaiknya seperti Memento, trilogi The Dark Knight, Inception, dan Interstellar. Sembilan filmnya saja sudah mencatatkan pendapatan total 4,2 miliar dolar AS dan meraih 26 nominasi Oscar. Kini kami ajak Anda mengenal sosok di balik film-film box office terbaik di Hollywood ini.

Christopher Nolan

1. Film pertama Christopher Nolan, Following (dirilis 1998), dibuat hanya dengan budget 6.000 poundsterling dan syuting hanya bisa dilakukan di akhir pekan karena para pemain dan kru punya pekerjaan mereka sendiri-sendiri.

2. Meski film-filmnya sering menampilkan suatu teknologi canggih, Nolan sendiri sebenarnya kurang tertarik dengan teknologi baru, seperti ponsel dan email. Ia juga melarang penggunaan ponsel di lokasi syuting.

3. Nolan dikenal tidak suka menggunakan unit kedua dalam syuting. Ia lebih suka mengawasi semua proses syuting sendirian.

4. Nolan adalah sutradara kedua setelah James Cameroon yang membuat dua film laris dengan pendapatan melebihi 1 miliar dolar AS (The Dark Knight dan The Dark Knight Rises). Namun, Nolan adalah yang pertama melakukannya dalam format 2D karena dua film laris Cameroon itu, Avatar dan Titanic, juga dirilis dalam format 3D.

5. Nolan adalah keturunan Irlandia dan saat ini memegang dua kewarganegaraan, Inggris dan Amerika Serikat.

6. Pria yang buta warna merah dan hijau ini adalah penggemar James Bond dan film 007 favoritnya adalah On Her Majesty’s Secret Service.

7. Nolan tidak suka menggunakan CGI di film-filmnya dan sengaja menghindarinya ketika membuat film Batman Begins.

8. Nolan mendapat banyak donasi di acara Festival Film Hong Kong 1999 dengan menunjukkan filmnya, Following, dan kemudian meminta pemirsa menyumbangkan dana untuk filmnya berikutnya, Memento.

9. Dengan dirilisnya Interstellar, Nolan tercatat telah enam kali berkolaborasi dengan aktor Michael Caine secara berturut-turut.

10. Meski sudah membuat banyak film spektakuler, Nolan sejauh ini belum sekalipun menerima nominasi Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik.

Komentar Anda