10 Fakta Menarik Tentang Film Bombay Velvet (2015)

Jika Anda ingin menonton film Bollywood yang bertemakan gangster dan mafia, tonton saja Bombay Velvet. Film tahun 2015 yang dibintangi Ranbir Kapoor, Anushka Sharma, dan Karan Johar ini mengisahkan seorang pria bernama Balraj yang jatuh cinta pada seorang penyanyi jazz bernama Rosie. Berawal dari itulah Balraj bertekad untuk menjadi kaya raya dengan harapan bisa mendapatkan hati Rosie sekaligus menjadi sosok orang yang berpengaruh. Film berdurasi 149 menit ini akan mengajak Anda menyaksikan perjalanan hidup Balraj yang berlatar belakang di Bombay pada tahun 60-an.

Bombay Velvet

Berikut 10 hal yang perlu Anda tahu dari film arahan sutradara Anurag Kashyap ini.

1. Meski berlatar belakang di Bombay, sebagian besar syuting film ini dilakukan di Sri Lanka.

2. Karan Johar merupakan salah satu sutradara top India. Kali ini, ia tampil sebagai aktor dan hanya meminta bayaran 11 rupee.

3. Awalnya, film ini direncanakan sebagai trilogi di tahun 2009. Film pertama bersetting tahun 60’an dan dibintangi John Abraham. Film kedua bersetting tahun 70’an dan dibintangi Aamir Khan. Adapun film ketiga akan bersetting tahun 80’an dan dibintangi Shah Rukh Khan. Namun produser Danny Boyle memutuskan keluar dari proyek ini, sehingga Anurag terpaksa menghilangkan bagian kedua dan ketiga.

4. Salah satu editor film ini adalah Thelma Schoonmaker yang sudah lama bekerja dengan sutradara Hollywood, Martin Scorsese. Thelma telah mendapat tujuh nominasi Oscar dan memenangkan tiga di antaranya.

5. Ketika Anurag menulis naskah film ini di tahun 2006, ia menginginkan Saif Ali Khan bermain sebagai pemeran utama. Kemudian ia mendekati Aamir Khan dan Hrithik Roshan. Terakhir ia memutuskan memasang Ranveer Singh namun gagal karena ia tak bisa mendapatkan cukup uang dari produser.

6. Sebelum Karan Johar mendapat peran penjahat utama Kaizad Khambhata, aktor Naseeruddin Shah terleih dahulu ditawari.

7. Awalnya Anurag tak yakin Ranbir Kapoor akan bersedia bermain dalam film ini. Pasalnya, film Ranbir yang digarap adik Anurag, Abhinav Kashyap, yaitu Besharam, gagal di pasaran dan Ranbir menuai banyak kritikan sebagai pemeran utama. Namun kali ini Ranbir justru mendesak Anurag untuk memainkannya dalam Bombay Velvet.

8. Anurag terinspirasi untuk membuat film ini setelah ia membaca novel fiksi kriminal L.A. Quartet karya James Ellroy yang berlatar belakang di Los Angeles pada akhir 40’an hingga akhir 50’an.

9. Bombay Velvet merupakan film kedua Karan Johar setelah Dilwale Dulhania Le Jayenge di mana ia bermain penuh. Sebelumnya, ia hanya tampil sebagai cameo, yakni dalam film Om Shanti Om, Fashion, serta Luck by Chance.

10. Sejumlah film noir gangster Hollywood menjadi inspirasi utama Bombay Velvet, di antaranya The Roaring Twenties, White Heat, Chinatown, serta L.A. Confidential.

Komentar Anda