10 Fakta Menarik Tentang Film Dil Se.. (1998)

Dil Se.. adalah film thriller romantis India tahun 1998 yang menampilkan pasangan Shah Rukh Khan dan Manisha Koirala sebagai pemeran utama dan Preity Zinta sebagai pemeran pendukung. Film yang digarap oleh sutradara Mani Ratnam ini menceritakan Amar Varma, seorang produser radio berita India, yang bertemu dan jatuh cinta dengan seorang wanita misterius bernama Meghna. Siapakah sesungguhnya Meghna dan apa rahasia yang ia sembunyikan dari Amar? Dengan ending sangat tragis, film ini dipastikan akan menguras emosi Anda.

Dil Se..

Berikut kami hadirkan 10 fakta unik tentang film berdurasi 158 menit ini.

1. Lagu andalan film ini, “Chal Chaiyya Chaiyya,” juga menjadi lagu pembuka lagu Hollywood tahun 2006, Inside Man, yang dibintangi Denzel Washington dan Clive Owen. Serial TV Amerika, CSI: Miami, juga menggunakan lagu ini di salah satu episodenya.

2. Dalam lagu “Chal Chaiyya Chaiyya,” tampak Shah Rukh Khan bernyanyi di atas kereta api. Hebatnya, SRK samasekali tidak mengenakan perlengkapan keamanan dalam adegan itu.

3. Peran Meghna awalnya ditawarkan pada Kajol, namun ia terpaksa menolak karena tanggalnya tidak tepat.

4. Dil Se.. merupakan film pertama aktris cantik Preity Zinta. Ia berhasil menyabet penghargaan sebagai debutan wanita terbaik dalam ajang Filmfare Awards 1999.

5. Beberapa adegan parade yang ditampilkan dalam film ini diambil ketika perayaan hari kemerdekaan India ke-50.

6. Dil Se.. sangat populer di Inggris Raya. Film ini menjadi film India pertama yang masuk chart 10 film box office di Inggris. Bahkan dua bulan setelah dirilis di Inggris, Dil Se.. masih ditayangkan di lima bioskop, lima kali sehari dengan rata-rata 3.000 penonton datang di setiap bioskop.

7. Film Dil Se.. awalnya diberi judul Ladakh – Ek Prem Kahani.

8. Fotografi utama film ini dilakukan di beberapa tempat, seperti Assam, Kerala, New Delhi, Leh, Himachal, dan Bhutan selama lebih dari 55 hari.

9. Sutradara Mani Ratnam menyebut ia mendapat inspirasi film ini dari sebuah lagu Sufi berjudul “Thayya Thayya.”

10. Penulis naskah Dil Se.., Tigmanshu Dhulia, sempat tampil sekilas sebagai cameo dalam film ini dalam adegan di kantor pos.

Komentar Anda