10 Fakta Menarik Tentang Film Fearless (2006)

Fearless adalah film laga Hong Kong-China yang menampilkan Jet Li sebagai Huo Yuanjia, sosok seniman bela diri legendaris yang pernah menantang para petarung luar negeri dalam berbagai ajang prestisius dan membawa kebanggan tersendiri bagi masyarakat China. Disutradarai oleh Ronny Yu, film ini dirilis pada 26 Januari 2006 di Hong Kong dan menuai sambutan yang cukup baik dari para kritikus. Meski begitu, film ini tetap tak lepas dari kontroversi.

Fearless

Berikut fakta-fakta mengenai film Fearless.

~O~

1. Dalam sebuah wawancara, Jet Li mengatakan bahwa Fearless adalah film epos bela diri wushu terakhirnya. Ia kembali menekankan hal itu dalam promosi film dan kesempatan lainnya.

2. Nathan Jones, pemeran Hercules O’Brien si pegulat Amerika, terlalu bersemangat ketika syuting. Akibatnya, salah satu pemain ekstra yang ia banting mengalami patah tulang rusuk dan harus dilarikan ke rumah sakit.

3. Anthony De Longis, pemeran Anthony Garcia si ahli pedang Spanyol, memberikan pedang Spanyol asli pada Jet Li sehari setelah syuting selesai. Ketika syuting adegan pertarungan pedang, mereka mematahkan tak kurang dari enam buah pedang.

4. Nathan Jones juga sempat jatuh keras saat syuting dan hampir kehilangan beberapa giginya. Namun ia menolak diberi pertolongan medis dan tetap melanjutkan syuting.

5. Nakamura Shidō, yang memerankan jawara Jepang, tidak bisa berbahasa Mandarin, namun ia harus menggunakan bahasa itu dalam film. Oleh karena itulah ia menyewa seorang tutor. Ia juga menonton acara-acara TV Mandarin di Shanghai, namun salah seorang kru tahu bahwa yang ia tonton sebenarnya bukan bahasa Mandarin, melainkan bahasa Kanton.

6. Keturunan asli Huo Yuanjia menyatakan sangat kecewa dengan penggambaran leluhurnya dalam Fearless, di samping banyaknya ketidakakuratan sejarah. Mereka bahkan melayangkan tuntutan pada Jet Li serta produser dan distributor film ini. Pengadilan Beijing memutuskan bahwa film ini tidak mengandung unsur fitnah atau pencemaran nama baik.

7. Aktris laga Michelle Yeoh sebenarnya tampil sejenak dalam film ini, namun adegannya terpaksa dipotong demi memangkas durasi film yang terlalu panjang.

8. Brandon Rhea, pemeran kolonel Han Herzon, sempat pingsan lantaran kostum yang ia kenakan terlalu ketat. Namun ia juga berhasil membuat koreografer sekaliber Woo-Ping Yuen terkesan dengan aksinya menggunakan tongkat panjang yang ujungnya runcing.

9. Jet Li telah memerankan tiga tokoh bela diri terbesar dari Dinasti Qing, yaitu Fong Sai-yuk, Huo Yuanjia, dan Wong Fei-hung.

10. Beberapa gerakan yang dibuat oleh Woo-Ping Yuen untuk Jet Li dihapus oleh Li karena alasan estetika dan kultural, seperti menampar pipi dan menampar belakang kepala. Li merasa bahwa gerakan itu sangat tidak sopan untuk orang Barat.

Komentar Anda