10 Fakta Menarik Tentang Jet Li

Lahir di Beijing pada tanggal 26 April 1963, pria bernama asli Li Lianjie ini telah menjadi sosok yang sangat populer di dunia film. Jet Li, yang kini menjadi warga naturalisasi Singapura, juga merupakan sutradara, seniman bela diri, serta jawara wushu. Di awal karirnya, pria bertubuh mungil ini mencuri perhatian lewat teknik bertarungnya yang cepat dan bertenaga dalam serial film Once Upon A Time in China di mana ia memerankan karakter legendaris Wong Fei-hung. Di Hollywood, Jet Li melakoni berbagai peran, mulai dari penjahat di Lethal Weapon 4 hingga beradu akting dengan Jackie Chan dalam The Forbidden Kingdom.

Jet Li

Berikut 10 fakta menarik dari sosok Jet Li.

1. Semasa kecil, Jet Li bergabung dalam Tim Wushu Beijing dan digembleng oleh pelatih wushu top, Li Junfeng dan Wu Bin. Jet Li berlatih keras dan berhasil memenangkan banyak medali emas. Meski usianya muda, ia berkompetisi melawan orang dewasa.

2. Ketika tampil bersama timnya di depan Presiden Amerika Serikat Richard Nixon, Nixon menawari Jet Li untuk menjadi bodyguardnya, namun ia menolak. Menurutnya, Jet Li tak ingin melindungi satu orang, tapi satu milyar penduduk China.

3. Demi menitih karir di dunia Hollywood, Jet Li rela menghabiskan waktu empat jam sehari untuk belajar bahasa Inggris.

4. Jet Li punya janji pada istrinya, Nina Li Chi, bahwa ia takkan bermain film ketika Nina sedang hamil. Alhasil, peran dalam film blockbuster Crouching Tiger, Hidden Dragon pun terpaksa ia tolak dan langsung diberikan pada Chow Yun-fat.

5. Jet Li pernah menolak tawaran peran sebagai Seraph dalam trilogi The Matrix. Menurutnya, peran itu tak membutuhkan kemampuan bela dirinya dan film itu sudah cukup mengesankan tanpa perlu menambahkan dirinya dalam daftar pemain.

6. Jet Li pernah dikabarkan sudah tewas ketika sedang berlibur di Maladewa saat tsunami datang pada tahun 2004. Sebenarnya, ia hanya mengalami luka kecil di kaki ketika melarikan keluarganya ke tempat aman. Beberapa waktu kemudian Jet Li mendirikan yayasan non-profit The One Foundation untuk mendukung program pemulihan bencana alam yang bekerja sama dengan Palang Merah.

7. Di waktu senggang, Jet Li suka bermain badminton, tenis meja, bersepeda, membaca, dan bermeditasi.

8. Dikenal sebagai sosok dermawan, Jet Li pernah menyumbangkan pendapatannya dari film Fearless untuk Palang Merah China.

9. Jika melihat statistik box office, dua film Jet Li yang mendatangkan keuntungan terbesar adalah Lethal Weapon 4 dengan 130 juta dolar AS secara domestik, disusul The Expendables dengan torehan 103 juta dolar AS. Sedangkan secara kritis, film terbaik Jet Li adalah Fist of Legend yang mendapat nilai 100% di Rotten Tomatoes.

10. Pada tahun 2013, Jet Li mengungkapkan dirinya terkena penyakit hyperthyroid dan sudah menangani masalah itu dalam tiga tahun terakhir. Detak jantung normal Jet Li bisa mencapai 130-140, karena itulah ia sering melalukan meditasi dan mengurangi kegiatan fisik.

Komentar Anda