10 Fakta Paling Seru Tentang Film Devdas (2002)

Devdas adalah sebuah film romantis India yang menampilkan Shah Rukh Khan, Madhuri Dixit, dan Aishwarya Rai sebagai pemeran utama serta Jackie Shroff, Kirron Kher, Dina Pathak, dan Milind Gunaji sebagai pemeran pendukung. Devdas menceritakan kehidupan Devdas Mukherji, seorang sarjana hukum yang kaya di awal 90-an. Ia kembali dari studinya di London untuk menikahi cintanya sejak kecil, Paro. Namun penolakan keluarga yang didapatnya membuat Devdas terjerat dalam kehidupan yang gelap.

Film Devdas

Berikut 10 fakta menarik tentang film arahan sutradara Sanjay Leela Bhansali ini.

1. Devdas diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Sharat Chandra Chattopadhyay pada tahun 1917. Film ini merupakan adaptasi ketiga sekaligus versi film pertama yang ditampilkan sebagai film berwarna.

2. Peran Shah Rukh Khan, Devdas Mukherji, pada awalnya ditawarkan pada Salman Khan, namun ia menolaknya.

3. Peran Jackie Shroff, Chunnilal, pernah ditawarkan pada Saif Ali Khan dan Govinda.

4. Madhuri Dixit dikabarkan tengah hamil ketika menjalani syuting film ini. Namun rumor itu tidak terbukti kebenarannya.

5. Dalam adegan tarian “Dola re Dola,” telinga Aishwarya Rai mulai berdarah lantaran anting-anting berat yang dikenakannya. Namun Aishwarya tetap melanjutkan tariannya tanpa memberi tahu kru film.

6. Manoj Bajpai ditawari peran sebagai Chunnilal tepat sebelum Jackie Shroff menerima peran itu. Namun Manoj menolaknya dengan menyatakan bahwa ia telah memainkan peran utama di film-filmnya, oleh karena itu peran pendukung bisa merusak daya jualnya.

7. Dalam lagu “Kahe Chedd Mohe,” kostum yang dikenakan Madhuri Dixit beratnya mencapai 30 kilogram. Meski sangat kesulitan untuk menari, Madhuri berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

8. Normalnya, dua atau tiga generator dipakai untuk film ini, namun produksi film ini memakai 42 generator. Di samping itu, tim produksi juga menggunakan 2.500 lampu serta memperkerjakan 700 orang kru lighting.

9. Ketika dirilis, Devdas menyandang status sebagai film termahal Bollywood yang pernah dibuat, yakni dengan budget 7,5 juta dolar AS. Adapun film ini berhasil mendapatkan keuntungan dua kali lipat dari budget, yakni sebesar 15 juta dolar AS.

10. Lagu “Dola Re Dola” menjadi sangat populer karena menampilkan duet unik antara Madhuri Dixit dan Aishwarya Rai.

Komentar Anda