10 Fakta Seru Seputar Film Airlift (2016)

Airlift adalah film perang-thriller Bollywood tahun 2016 yang dibintangi Akshay Kumar dan Nimrat Kaur. Film seru ini disutradarai oleh Raja Krishna Menon dan menceritakan kisah seorang pebisnis kaya dan kuat bernama Ranjit Katiyal, yang menjadi harapan bagi 170.000 orang India yang terlantar di Kuwait selama berlangsungnya Perang Irak-Kuwait. Evakuasi terbesar dalam sejarah manusia pun berlangsung. Ribuan kilometer mereka tempuh dan selama 59 hari pemerintah India mengirimkan 488 pesawat komersial Air India untuk mengevakuasi mereka. Dengan latar belakang kisah yang sangat menarik itu, Airlift wajib Anda tonton.

Airlift

Dan berikut adalah fakta-fakta unik tentang film Airlift.

1. Airlift menuai kesuksesan box office yang luar biasa. Dengan budget sekitar 4,4 juta dolar AS, film ini diperkirakan telah mengais keuntungan mencapai 33 juta dolar AS. Sektor pemasaran memegang peranan penting dalam mempromosikan film ini dan kolaborasi dengan Air India, yang berkontribusi besar dalam melakukan evakuasi bersejarah itu, juga memberi dampak besar.

2. Setelah misi penyelamatan ini sukses, Air India langsung masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai maskapai sipil yang sukses membantu evakuasi manusia terbanyak dalam sejarah.

3. Karakter Akshay Kumar, Ranjit Katyal, didasarkan pada tokoh nyata Mathunny Mathews, seorang pebisnis India yang berdomisili di Kuwait.

4. Film ini diangkat dari kisah nyata tentang evakuasi manusia terbesar dalam sejarah ketika Irak masih dipimpin oleh Saddam Hussein.

5. Airlift juga memecahkan rekor sebagai film Bollywood yang punya rating paling tinggi di IMDB sepanjang masa, mencapai angka 9,1. Di samping itu, Airlift juga menjadi film India pertama yang mengangkat tema tentang Perang Teluk.

6. Akshay Kumar menyatakan bahwa peran Balraj Sahni dalam film klasik Waqt (1965) adalah inspirasinya untuk menghidupkan karakter Ranjit Katyal.

7. Film berdurasi 125 menit ini dilarang untuk ditayangkan di Kuwait dengan alasan yang tidak diungkapkan.

8. Penggambaran diplomat dan birokrat India dalam film ini mendapat kritikan dari sejumlah pejabat India yang menganggap film ini menyebarkan informasi yang salah tentang peran pejabat pemerintah.

9. Kelima lagu yang menjadi soundtrack Airlift dinyanyikan oleh Kumaar dan musiknya digarap oleh Amaal Mallik dan Ankit Tiwari. Lagu pertama, “Soch Na Sake,” dirilis di YouTube pada Desember 2015 lalu dan hingga pertengahan Februari 2016 sudah ditonton oleh 12,4 juta orang.

10. Akshay Kumar dan Purab Kohli rela mempelajari bahasa Arab untuk peran mereka dalam film ini.

Komentar Anda