10 Fakta Tentang Film My Name Is Khan (2010)

My Name Is Khan adalah sebuah film box office Bollywood tahun 2010 yang digarap sutradara Karan Johar dan dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol. Dalam film ini, Shah Rukh Khan berperan sebagai Rizwan Khan, seorang pria Muslim yang berasal dari keluarga sederhana di Mumbai. Rizwan menderita sindrom Asperger. Ia memiliki kemampuan spesial untuk memperbaiki benda-benda mekanis. Kisah dimulai ketika Rizwan mulai tinggal di Amerika Serikat dan serangan teroris 11 September terjadi.

Gambar Film My Name Is Khan

Berikut kami tampilkan 10 fakta mengenai film My Name Is Khan.

1. Tiga hal yang membuat film ini sangat ditunggu adalah kontroversi politik yang mengelilingi film ini, comebacknya Shah Rukh Khan setelah terakhir muncul dalam Rab Ne Bana Di Jodi, serta diduetkannya ‘pasangan emas’ Shah Rukh Khan dan Kajol.

2. Ketika dirilis, My Name Is Khan memecahkan banyak rekor box office, salah satunya menjadi film terlaris Bollywood di luar negeri, sebelum dikalahkan 3 Idiots.

3. Aktris cantik Kareena Kapoor kehilangan peran sebagai Mandira Khan karena sutradara Karan Johar lebih menyukai Kajol.

4. Untuk mendalami perannya, Shah Rukh Khan menghabiskan banyak waktu untuk bercengkerama dengan para penderita sindrom Asperger, menonton video dan membaca buku terkait penyakit tersebut untuk mempelajari bagaimana mereka berperilaku, bercakap, dan berjalan.

5. Aamir Bashir awalnya diberi peran dalam film ini, namun pengajuan visanya ke Amerika Serikat ditolak. Sebagai gantinya, Jimmy Shergill dikasting untuk memerankan Zakir Khan.

6. Awalnya, Shabana Azmi mendapat peran sebagai ibu Rizwan. Namun cedera bahu yang didapat Shah Rukh Khan membuat syuting tertunda dan Shabana terpaksa meninggalkan proyek ini.

7. Shah Rukh Khan, Kajol, dan Karan Johar masing-masing mendapat satu penghargaan dalam ajang Filmfare Awards tahun 2011.

8. Soundtrack My Name Is Khan digarap oleh trio Shankar-Ehsaan-Loy yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Karan Johar dalam film-film laris seperti Kal Ho Naa Ho dan Kabhi Alvida Naa Kehna. Album film ini menuai respon positif dari kalangan kritikus.

9. Shah Rukh Khan mengatakan karena agama yang ia anut (Islam) dan nama belakangnya (Khan) ia harus menjalani pemeriksaan keamanan di bandara Amerika Serikat, seperti karakter Rizwan Khan yang ia perankan. Shah Rukh bahkan sempat diinterogasi oleh petugas imigrasi sebelum akhirnya dilepas.

10. Shah Rukh Khan tetap terbawa dengan karakternya, Rizwan Khan, bahkan ketika ia sudah berada di rumah.

Komentar Anda