10 Fakta Unik dan Seru Seputar Film 3 Idiots (2009)

Film komedi Bollywood ini pasti sudah kita kenal. Dibintangi oleh Aamir Khan dan Kareena Kapoor, 3 Idiots muncul sebagai film terlaris India dan memecahkan sejumlah rekor box office kala dirilis. Selain dua aktor top itu, film yang digarap sutradara Rajkumar Hirani ini juga menampilkan Sharman Joshi, R. Madhavan, Omi Vaidya, Parikshit Sahni, serta Boman Irani sebagai pemeran pendukung. Film ini menceritakan dua sahabat Farhan Qureshi dan Raju Rastogi yang ingin menemukan kawan lama mereka, Rancho. Pencarian ini terjalin dengan kisah-kisah seru mereka semasa masih berkuliah.

3 Idiots

Berikut ini kami hadirkan beberapa fakta tentang 3 Idiots.

1. Film ini disyuting secara terbalik. Adegan masa sekarang disyuting terlebih dahulu, baru kemudian adegan masa kuliah.

2. 3 Idiots adalah satu dari tiga film India yang telah lama menghuni daftar eksklusif 250 Film Top IMDB. Dua film lainnya juga dibintangi Aamir Khan, yaitu Rang De Basanti dan Taare Zameen Par.

3. 3 Idiots menjadi film pertama dalam sejarah perfilman India yang dirilis secara legal ke YouTube dalam 12 minggu setelah dirilis di bioskop.

4. Dikenal sebagai aktor yang total dalam setiap penampilannya, Aamir Khan sengaja menghindari makan kue ulang tahunnya sendiri. Alasannya, ia diminta untuk menurunkan berat badannya untuk memerankan Rancho. Selama itu pun Aamir hanya makan susu dan sedikit pisang.

5. Karakter Rancho sebenarnya adalah peran yang ditolak oleh Shah Rukh Khan karena jadwalnya yang padat.

6. Kampus Rancho dkk sebenarnya adalah Institut Manajemen India yang berlokasi di Bangalore.

7. Sutradara Rajkumar Hirani bisa saja tewas sia-sia ketika pemfilman. Saat itu ia tengah tidur di lokasi syuting dan tim efek spesial melakukan percobaan mesin asap. Tim tersebut sempat pergi selama dua menit dan Rajkumar yang tertidur pulas menghirup asap berbahaya itu.

8. Menurut Aamir Khan, penulis naskah Abhijat Joshi sedang mengerjakan sekuel film ini yang diperkirakan akan dirilis pada tahun 2020. Film ini bahkan akan diremake dalam versi China, Hollywood, dan Telugu.

9. Jika memakai kurs dolar 2016, film ini mengusung budget setara 12 juta dolar AS dan mengemas pendapatan hingga 85 juta dolar AS, menjadikan 3 Idiots salah satu film terlaris India sepanjang masa.

10. 3 Idiots sukses mengumpulkan sekitar 39 penghargaan dan nominasi, di antaranya adalah lima penghargaan dari ajang Filmfare Awards dan tiga dari ajang National Film Awards.

Komentar Anda