10 Fakta Unik di Balik Film Rang De Basanti (2006)

Rang De Basanti adalah film drama Bollywood yang ditulis, diproduseri, sekaligus diarahkan oleh Rakeysh Omprakash Mehra. Film yang meraih nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang BAFTA Awards 2006 ini menceritakan seorang sineas dokumenter Inggris yang sangat ingin membuat sebuah film tentang pejuang kemerdekaan India. Ketika sampai di negara itu, ia meminta lima orang pemuda untuk berakting di filmnya. Rang De Basanti menampilkan sejumlah aktor kenamaan dengan bintang utama Aamir Khan. Berikut sejumlah fakta menarik seputar film berdurasi 157 menit ini.

Rang De Basanti

1. Rang De Basanti menjadi wakil India di ajang Golden Globe Awards dan Academy Awards, namun film ini tak menang di dua ajang besar itu. Meski demikian, dua lagu dari soundtrack garapan A. R. Rahman sempat dipertimbangkan untuk meraih nominasi Oscar.

2. Film ini meraih banyak penghargaan di berbagai ajang apresiasi film Bollywood, salah satunya menjadi Film Terbaik di Filmfare Awards. Sebagai film box office, Rang De Basanti diperkirakan telah meraup pendapatan sebesar 920 juta rupee dari budget produksi 250 juta rupee.

3. Peran yang dimainkan Siddharth Narayan pernah ditawarkan pada Farhan Akhtar, namun saat itu Farhan menyatakan tak siap untuk berakting.

4. Hrithik Roshan menolak peran sebagai Karan, yang akhirnya diberikan kepada Siddharth Narayan. Nama lain yang menolak peran ini adalah Shahid Kapoor dengan alasan ada masalah dengan karakter itu.

5. Shah Rukh Khan adalah pilihan pertama untuk memerankan Daljit ‘DJ’ Singh, namun syuting dilakukan di Delhi dan SRK harus menolaknya karena ia sedang memfilmkan Paheli di waktu yang sama. Aamir Khan pun datang menggantikannya. SRK juga ditawari peran sebagai Ajay Rathod, tapi lagi-lagi ia menolak karena jadwalnya sudah padat.

6. Peran sebagai Sonia ditawarkan pada Preity Zinta dan Rani Mukerji, tapi mereka menolak sehingga Soha Ali Khan diproyeksikan untuk menggantikannya.

7. Nelly Furtado awalnya dijadwalkan akan berakting sekaligus bernyanyi di film ini, tapi ketika terjadi pergantian produser, Nelly batal dikontak.

8. Rakeysh Mehra menghabiskan waktu delapan tahun untuk meneliti dan mengembangkan ceritanya, sementara A. R. Rahman mengerjakan musiknya selama tiga tahun.

9. Ketika Aamir Khan sudah bersedia membintangi film ini, ia menjalankan diet ketat dan latihan fisik keras untuk menurunkan bobotnya sebanyak 10 kg. Hal ini juga dimaksudkan agar ia bisa memerankan karakter pemuda 25 tahunan dengan meyakinkan mengingat umur Aamir saat itu sudah menginjak 40 tahun.

10. Arjun Rampal sebenarnya sudah bersedia tampil di film ini, namun ia merasa jengkel dengan sutradara Rakeysh Mehra yang dianggapnya tidak tegas dengan karakter dan skenarionya. Arjun menyebut Mehra “sangat membingungkan” dan “tidak profesional” sebelum keluar. Arjun bahkan juga menyesal pernah setuju membintangi film ini lantaran ia sudah menghabiskan waktu tiga bulan sebagai persiapan memerankan karakternya.

Komentar Anda