10 Fakta Unik Tentang Amitabh Bachchan

Aktor yang lahir dengan nama Amitabh Harivansh Bachchan ini adalah salah satu aktor legendaris India. Ia perama kali meraih popularitasnya di film Zanjeer dan Deewaar pada tahun 70-an. Kini, pria yang lahir pada 11 Oktober 1942 ini telah membintangi kurang lebih 180 film dan menjadikannya aktor terpopuler dan paling berpengaruh di industri Bollywood. Namun, apakah Anda sudah tahu hal-hal unik tentang aktor berkharisma ini?

Amitabh Bachchan

Berikut kami sajikan 10 fakta seputar Amitabh Bachchan yang wajib Anda tahu.

1. Amitabh Bachchan pernah menjadi juri pada kontes kecantikan Miss World di tahun 1995.

2. Amitabh Bachchan adalah anak dari seorang penyair India ternama, Harivansh Rai Bachchan, dan ibunya adalah seorang Punjabi Sikh dari Faisalabad bernama Teji Bachchan.

3. Aktor kawakan ini menikah dengan aktris cantik Jaya Bhaduri dan telah memiliki dua orang anak, Shweta Nanda dan Abhishek Bachchan. Kini Shweta Nanda telah menjadi istri pengusaha Nikhil Nanda, sedangkan Abhishek Bachchan mengikuti jejak ayahnya menjadi aktor dan menikah dengan aktris top Aishwarya Rai.

4. Amitabh Bachchan dianugerahi gelar Padma Shri oleh pemerintah India di tahun 1984 karena kontribusinya yang luar biasa pada dunia perfilman Bollywood.

5. Amitabh Bachchan dan Abhishek Bachchan adalah satu-satunya duo ayah-anak yang memegang rekor Guinness World karena memainkan peran terbalik di film Paa (2009).

6. Saat syuting film Coolie, Amitabh Bachchan mengalami cedera usus fatal ketika melakukan adegan berkelahi dengan aktor Puneet Issar. Pada waktu itu ia tidak menggunakan pemeran pengganti dan harus beradegan jatuh ke meja. Namun, sudut meja menusuk perutnya hingga limpanya pecah dan ia kehilangan banyak darah. Amitabh kritis selama berbulan-bulan dan dekat dengan kematian. Banyak masyarakat yang berdoa untuknya dan menawarkan untuk mengorbankan anggota tubuh mereka demi menyelamatkan nyawa Amitabh.

7. Karena wajahnya yang kharismatik, karikatur wajah dari karakter komik “Supremo” didasarkan pada dirinya.

8. Amitabh Bachchan telah terlibat dalam banyak sekali kegiatan sosial. Ia seringkali memberikan donasi untuk yayasan-yayasan amal. Aktor ini juga didaulat sebagai duta UNICEF untuk kampanye pemberantasan polio di India pada tahun 2002.

9. Amitabh Bachchan sangat pandai dalam melakukan investasi. Di tahun 2013, ia membeli 10% saham di Just Dial lalu meraup keuntungan sebesar 4600%. Ia juga memegang 3,4% saham di sebuah perusahaan teknologi keuangan, Stampede Capital.

10. Amitabh Bachchan debut pertama kali sebagai bintang Hollywood pada tahun 2013. Kala itu ia bermain di film The Great Gatsby sebagai orang Yahudi non-India, Meyer Wolfsheim.

Komentar Anda