10 Fakta Unik Tentang Film Concussion (2015)

Concussion adalah film thriller dramatis Hollywood yang dibintangi Will Smith dan Alec Baldwin. Film yang dirilis Columbia Pictures ini mengisahkan upaya Dr. Bennet Omalu, seorang ahli patologi forensik Nigeria yang menemukan chronic traumatic encephalopathy (CTE), trauma otak berbahaya yang diderita oleh pemain football profesional. Namun, National Football League (NFL) meremehkan riset yang diadakan Omalu. Bagaimana Omalu memperjuangkan risetnya?

Concussion

Berikut 10 fakta yang perlu Anda tahu tentang film Concussion.

1. Demi mendalami perannya, Alec Baldwin, pemeran Dr. Julian Bailes, mengikuti dan mempelajari karya beberapa dokter kenamaan Pittsburgh.

2. Selain Baldwin, Will Smith juga mendalami karakternya dengan cara mengamati proses otopsi. Dua otopsi itu dilakukan sendiri oleh Dr. Bennet Omalu.

3. Jika kebanyakan film diangkat dari novel, komik, atau cerita pendek, Concussion diangkat dari sebuah artikel karya Jeanne Marie Laskas yang diterbitkan di majalah GQ berjudul “Game Brain.”

4. Will Smith dan Adewale Akinnuoye-Agbaje (pemeran Dave Duerson) akan tampil bersama kembali dalam film Suicide Squad di tahun 2016.

5. Sutradara papan atas, Ridley Scott, ditawari untuk menyutradari Concussion setelah ia menggarap Exodus: Gods and Kings. Namun dalam film ini, Ridley menjabat sebagai produser dan jabatan sutradara diberikan pada Peter Landesman.

6. Ridley Scott terinspirasi dari studi Dr. Omalu tentang dua bintang NFL, Junior Seau dan Dave Duerso, yang sama-sama melakukan bunuh diri setelah divonis terkena CTE.

7. Sesuai tema yang diusungnya, iklan film Concussion juga ditayangkan ketika pertandingan NFL berlangsung.

8. Sebagian besar film ini disyuting di Pittsburgh, Pennsylvania. Syuting perdana dilangsungkan pada tanggal 27 Oktober 2014.

9. Aktris peraih Oscar, Lupita Nyong’o, ditawari peran sebagai Prema Mutiso. Namun peran itu akhirnya diberikan pada Gugu Mbatha-Raw.

10. Keluarga Dave Duerso menyatakan film ini menggambarkan mantan bintang NFL itu dengan buruk. Beberapa adegan Dave terlihat kasar dan kurang pantas, seperti memaki Dr. Omalu dan mengejek mantan pemain NFL, Andre Waters. Keluarga Dave bahkan menyebut film ini salah. Namun sutradara Landesman menyatakan bahwa film ini sudah akurat secara emosional dan spiritual.

Komentar Anda