10 Fakta Unik Tentang Film Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Dilwale Dulhania Le Jayenge adalah film Bollywood tahun 1995 yang disutradarai oleh Aditya Chopra. Film box office ini menampilkan duet Shah Rukh Khan dan Kajol yang berperan sebagai dua muda-mudi non-residen India yang saling jatuh cinta ketika sedang berlibur di Eropa bersama teman-teman mereka. Raj Malhotra yang jatuh cinta pada Simran Singh harus memperjuangkan cintanya ketika ayah Simran ternyata sudah punya rencana lain untuk putri tercintanya.

Dilwale Dulhania Le Jayenge

Nah berikut kami hadirkan 10 fakta menarik tentang film satu ini. Yuk simak bersama.

1. Dilwale Dulhania Le Jayenge mengambil lokasi syuting di beberapa negara, yakni India, Swiss, dan London. Syuting dilakukan hampir setahun, dari bulan September 1994 sampai bulan Agustus 1995.

2. Sebagai salah satu film terlaris Bollywood, Dilwale Dulhania Le Jayenge mengemas keuntungan fantastis, yakni sekitar 37 juta dolar AS di seluruh dunia dengan budget yang hanya sekitar 1,2 juta dolar AS.

3. Ketika Shah Rukh Khan menjatuhkan Kajol di akhir lagu “Ruk Ja O Dil Deewane,” sutradara Aditya Chopra sengaja tidak memberitahu Kajol apa yang akan terjadi. Reaksi Kajol pun tampak alami dalam adegan itu.

4. Karan Johar, sutradara Kuch Kuch Hota Hai dan berbagai film top India lainnya, melakukan debutnya sebagai aktor dalam film ini. Ia berperan sebagai Rocky, salah satu teman Raj.

5. Aditya Chopra sempat kesulitan memfilmkan adegan ketika Raj bercanda dengan Simran. Alasannya adalah karena Kajol selalu tertawa setiap kali Shah Rukh Khan membuka kaosnya.

6. Aktor Saif Ali Khan menolak peran sebagai Raj Malohtra yang ditawarkan kepadanya. Aamir khan dan Salman Khan juga menolak peran itu.

7. Dilwale Dulhania Le Jayenge dirilis di tahun 1995 silam, namun masih ditayangkan di bioskop sampai kini. Pada tanggal 14 Desember 2014, film ini telah ditayangkan selama 1000 pekan atau 19 tahun, dan memegang rekor sebagai salah satu film terlama yang ditayangkan di bioskop.

8. Sebagai film yang sangat berpengaruh, Dilwale Dulhania Le Jayenge telah memicu banyak sineas untuk meniru cerita dan gaya penceritaan film ini di era 90-an. Berbagai film laris India yang muncul kemudian sangat terinspirasi oleh film ini.

9. Setelah 20 tahun berlalu, sebuah film dokumenter berjudul Making of DDLJ dirilis. Berbagai trivia unik diceritakan dalam film dokumenter itu, salah satunya tentang Shah Rukh Khan yang nyaris menolak peran Raj karena ia menganggapnya terlalu ‘cewek’. Shah Rukh juga bercerita bahwa ia mengawali film ini dengan pikiran berat karena adiknya saat itu sedang sakit.

10. Aditya Chopra sebenarnya ingin mengkasting bintang Hollywood Tom Cruise untuk memerankan Raj Malhotra. Ia ingin film ini memotret kisah cinta orang Amerika dengan India. Namun produser Yash Chopra tidak ingin menggunakan aktor asing.

Komentar Anda