10 Fakta Unik Tentang Film Kal Ho Naa Ho (2003)

Kal Ho Naa Ho adalah film drama komedi romantis Bollywood tahun 2003 yang digarap oleh sutradara Nikhil Advani. Film berdurasi 188 menit ini dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Saif Ali Khan, Preity Zinta, dan Jaya Bachchan. Film ini mengisahkan seorang gadis muda bernama Naina Kapur yang jatuh cinta pada tetangganya, Aman Mathur, yang sebenarnya menderita penyakit serius. Film ini dipenuhi kisah sedih tentang pengorbanan dan ketulusan yang akan membuat Anda menitikkan air mata.

Poster Film Kal Ho Naa Ho

Kali ini kami hadirkan 10 fakta seputar film Kal Ho Naa Ho.

1. Abhishek Bachchan dan Vivek Oberoi sempat didekati untuk memerankan karakter Saif Ali Khan, Rohit Patel.

2. Produser dan penulis naskah, Karan Johar, awalnya ingin temannya, Kareena Kapoor, ambil bagian dalam film ini sebagai pemeran utama. Namun Kareena meminta bayaran sangat tinggi. Akhirnya Preity Zinta dikasting untuk menggantikannya.

3. Tak seperti film India lainnya, pembuat film Kal Ho Naa Ho juga berurusan dengan undang-undang hak cipta internasional untuk mendapatkan lisensi penggunaan lagu “Oh, Pretty Woman” milik Roy Orbison.

4. Film ini awalnya akan mengambil lokasi syuting di Toronto. Namun karena adanya kekhawatiran terhadap wabah SARS pada saat itu, Karan Johar memindahkannya ke New York. Meski begitu, beberapa bagian dari lagu “Kuch To Hua Hai” tetap difilmkan di Toronto.

5. Di awal film, ada bagian di mana Nania harus berlari. Namun Preity Zinta terjatuh dan terluka. Sutradara Nikhil Advani kemudian mencarikan seorang model untuk berlari di depan kamera sebagai ganti Preity.

6. Tak hanya mendatangkan pujian, album soundtrack Kal Ho Naa Ho juga sangat sukses secara komersial dengan mencetak penjualan sebanyak 2,3 juta kopi.

7. Kal Ho Naa Ho adalah film India kedua yang ditayangkan di Jerman setelah Kabhi Khushi Kabhie Gham…. Sejak saat itu, popularitas film-film India di Jerman meningkat tajam. Film ini juga dirilis di Polandia dan Perancis.

8. Dengan budget sebesar 5,2 juta dolar AS, Kal Ho Naa Ho sukses mengemas keuntungan hingga 19 juta dolar AS di seluruh dunia.

9. Kal Ho Naa Ho banjir penghargaan dan nominasi di empat ajang besar, yaitu Filmfare Awards, IIFA Awards, Zee Cine Awards, dan Star Screen Awards. Preity Zinta, Saif Ali Khan, dan Jaya Bachchan membawa pulang satu kemenangan dari keempat ajang itu.

10. Preity Zinta memodifikasi dan mendesain baju yang dikenakan pada boneka-boneka yang dimainkan Gia dalam film ini.

Komentar Anda