10 Fakta Unik Tentang Film Maine Pyar Kiya (1989)

Maine Pyar Kiya adalah film roman musikal Bollywood yang dibintangi aktor debutan Salman Khan serta Bhagyashree. Film garapan Sooraj R. Barjatya ini mengisahkan cerita tentang sepasang sahabat, Prem dan Suman, yang secara perlahan saling jatuh cinta, namun hubungan mereka mendapat tentangan dari berbagai pihak. Ini adalah peran utama pertama yang didapatkan Salman Khan setelah dia muncul di film Biwi Ho To Aisi sebagai pemeran pendukung.

Maine Pyar Kiya

Berikut fakta-fakta Maine Pyar Kiya.

1. Meski dirilis terbatas, film ini mencatatkan pendapatan spektakuler kala itu, yaitu 180 juta rupee di India saja, menjadikannya film terlaris di tahun 1989 dan salah satu film terlaris India sepanjang masa. Box Office India menyebutnya sebagai “blockbuster sepanjang masa.”

2. Film ini dianggap memberi signifikansi global dan menjadi trendsetter di perfilman India.

3. Maine Pyar Kiya didubbing ke dalam bahasa Inggris dengan judul When Love Calls dan berdurasi 125 menit. Film itu pun sukses besar di pasar Karibia.

4. Laxmikant Berde yang sudah kondang di industri perfilman Marathi melakukan debut Bollywoodnya di film ini dan menjadi salah satu komedian era 90-an yang bisa dilihat di banyak film sebagai komedian utama.

5. Aktris Bhagyashree menolak untuk melakukan adegan ciuman karena dia berasal dari keluarga konservatif dan ayahnya selama ini hanya mengizinkannya mengenakan Chudidar. Ini menjadi kali pertama bagi Bhagyashree untuk bisa mengenakan celana jeans dan pakaian one piece.

6. Penyanyi top Lata Mangeshkar merekan semua lagunya hanya dalam sehari karena keesokan harinya dia harus mengadakan konser di luar negeri.

7. Piyush Mishra, Sanjay Kapoor, dan Deepak Malhotra sempat dipertimbangkan untuk memerankan karakter Prem Choudhary yang dimainkan Salman Khan.

8. Kostum dan properti film ini menjadi begitu populer hingga dijual sebagai merchandise, seperti topi bertuliskan FRIEND.

9. Bhagyashree menikah di tengah-tengah syuting film ini dan itu bertentangan dengan kehendak orangtuanya. Pernikahannya hanya dihadiri Sooraj Barjatya dan Salman Khan.

10. Sampai rilis film Dilwale Dulhania Le Jayenge di tahun 1995, Maine Pyar Kiya menjadi pemegang rekor Filmfare Awards dengan memenangkan tujuh dari 12 nominasi. DDLJ melampaui rekor itu dengan torehan 10 kemenangan, yang akhirnya dikandaskan film Black dengan 11 kemenangan.

Komentar Anda