10 Fakta Unik Tentang Film Taare Zameen Par (2007)

Taare

Taare Zameen Par, yang juga dikenal dengan judul internasional Like Stars on Earth, adalah sebuah film drama Bollywood yang diproduseri, disutradarai, serta dibintangi oleh Aamir Khan. Ia bermain bersama aktor cilik Darsheel Safary, yang berperan sebagai bocah bernama Ishaan, sementara Aamir memerankan guru seninya, Ram Shankar Nikumbh. Plotnya mengupas kehidupan dan imajinasi Ishaan, bocah delapan tahun yang punya prestasi akademis buruk, namun punya kehebatan di bidang seni. Ketika semua orang memandangnya rendah, Ram datang dan melihat potensi besar Ishaan. Berikut sepuluh fakta film berdurasi 164 menit ini.

Taare Zameen Par

1. Sebagian besar lukisan Ishaan di film ini diciptakan oleh Amole Gupte, sang penulis skenario.

2. Taare Zameen Par terbukti sangat sukses, baik secara kritis maupun komersial. Salah satu penghargaan yang diraih adalah gelar Film Terbaik dari ajang Filmfare Awards 2008. Yang menarik, film ini sempat dijadikan wakil India di ajang Academy Awards, namun akhirnya gagal masuk. Perdebatan panjang pun dimulai. Banyak pihak membanding-bandingkan film ini dengan Slumdog Millionaire yang meraih banyak nominasi dan penghargaan Oscar.

3. Salman Khan diberi kredit sebagai orang yang menyarankan judul film ini pada Aamir Khan saat mereka bertemu di sebuah pesta. Sumber lain menyebut judul ini diciptakan dari hasil diskusi antara Aamir, Amole Gupte, dan Deepa Bhatia.

Baca Juga:  Mengupas 6 Karakter Utama Drama Korea Dream High

4. Darsheel Safary mendapat banyak tentangan dari sekolahnya untuk syuting film ini karena ia akan ketinggalan pelajaran dan ujian. Aamir Khan turun tangan untuk meyakinkan pihak sekolah bahwa Darsheel adalah satu-satunya aktor cilik yang tepat untuk memerankan Ishaan. Aamir juga menjamin studi Darsheel tidak akan terganggu dan secara pribadi membiayai sekolah Darsheel agar ia tidak ketinggalan ujian.

5. Murid sekolah asli berpartisipasi dalam syuting. Aamir Khan menyebut mereka berkontribusi besar dalam menyukseskan film ini. Aamir dan segenap kru sangat memperhatikan segala kebutuhan para aktor cilik ini.

6. Aamir Khan memberikan sebuah Xbox 360 sebagai kado ulang tahun Darsheel Safary pada tanggal 9 Maret 2007.

7. Aamir Khan mendapat izin khusus dari Amitabh Bachchan untuk menggunakan pengalaman Abhishek Bachchan dalam mengatasi disleksia yang ia derita semasa kecil. Abhishek mampu mengatasi gangguan itu untuk menjadi aktor setenar sekarang.

8. Akshaye Khanna sebelumnya diminta untuk memerankan karakter Ram Shankar Nikumbh. Amole Gupte bahkan membayangkan Akshaye memerankan Ram saat ia menulis skenario. Shah Rukh Khan juga dibidik untuk memainkan peran Ram, tapi ia menolak.

9. Amole Gupte awalnya diatur untuk mengarahkan film ini, namun ia digantikan Aamir Khan karena ia tidak yakin dengan kemampuan penyutradaraannya sendiri.

10. Taare Zameen Par berhasil meningkatkan kesadaran akan masalah disleksia dan memicu ruang diskusi yang lebih terbuka antara orang tua, sekolah, aktivis, dan pembuat kebijakan. Anjuli Bawa, aktivis dan pendiri Action Dyslexia Delhi, mengatakan bahwa jumlah orang tua yang mengunjungi kantornya meningkat sepuluh kali lipat setelah rilis film ini.

Baca Juga:  5 Fakta Menarik Tentang Sosok Park Si-hoo

Be the first to comment on "10 Fakta Unik Tentang Film Taare Zameen Par (2007)"

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.