10 Fakta Unik Tentang Film V for Vendetta (2006)

V for Vendetta adalah sebuah film menarik yang akan membawa Anda merasakan semangat revolusi yang dibawa oleh sosok misterius bertopeng Guy Fawkes. Topeng tersebut kini telah menjadi identitas kelompok hacktivis Anonymous. Sosok tersebut, yang hanya diidentifikasi dengan nama V, memiliki agenda untuk menghancurkan segala bentuk tirani yang terjadi di Inggris di masa depan yang dipimpin oleh para fasis kejam.

Gambar Film V for Vendetta

Tahukah Anda 10 fakta unik tentang film yang dibintangi Hugo Weaving dan Natalie Portman ini?

1. Dalam adegan domino, tampak V menjajar ribuan domino berwarna merah dan hitam untuk membentuk huruf V. Domino tersebut memang berjumlah ribuan, tepatnya 22 ribu, dan membutuhkan empat penata domino profesional untuk menata domino itu dalam waktu 200 jam. Adegan itu sendiri hanya berlangsung selama beberapa detik.

2. Kru dan pemain film ini hanya diperbolehkan syuting di dekat Parlemen Inggris dan Clock Tower dari tengah malam sampai pukul 04.30. Mereka juga hanya diizinkan menghentikan lalu lintas selama empat menit dalam sekali waktu.

3. Semua dialog yang diucapkan V adalah hasil dubbing. Meski topeng V dipasangi mikrofon khusus dan satu mikrofon lagi dipasang di garis rambut Hugo Weaving, suara yang terdengar tetap kurang jelas.

4. Pemeran Evey, Natalie Portman, mengaku sangat ingin memangkas habis rambutnya sejak dulu. Keinginannya itu pun menjadi nyata ketika Evey digunduli oleh ‘oknum pemerintah’ yang belakangan diketahui adalah V sendiri.

5. Dalam adegan di mana V pertama kali bertemu Evey di jalanan, kita bisa mendengar V mengucapkan banyak kata rumit yang diawali huruf V, misalnya vaudevillian veteran, valorous visitation, virulent vermin vanguarding vice, dan seterusnya. Secara keseluruhan, V mengucapkan 48 kata yang diawali dengan huruf v dan total ada 55 huruf v di seluruh dialognya dalam adegan itu.

6. James Purefoy awalnya adalah pemeran V, namun ia meninggalkan proyek film ini karena adanya perbedaan pendapat dengan pembuat film. Setelah empat minggu pemfilman, posisi Purefoy digantikan oleh Hugo Weaving. Purefoy sempat tampil dalam beberapa adegan V dan suaranya diisi oleh Weaving.

7. Dalam adegan ketika V bangkit dari Larkhill, pemeran pengganti Chad Stahelski sebenarnya benar-benar berjalan di atas api. Ia hanya mengenakan gel khusus penahan api dan g-string. Selain suhu tubuhnya diturunkan beberapa saat sebelum syuting, Chad juga terbantu oleh suhu dingin malam hari yang turun sekitar tiga derajat Celsius di bawah nol.

8. Film ini didasarkan pada komik karya Alan Moore dan David Lloyd. Dalam komik tersebut, ilustrator David Lloyd secara halus mengganti mimik topeng Guy Fawkes untuk mencocokkannya dengan mood atau adegan tertentu. Para pembuat film ini sempat mempertimbangkan untuk membuat beberapa desain topeng, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk mengenakan satu mimik topeng yang sama dengan penggantian bayangan dan pencahayaan.

9. Madam Justice biasanya digambarkan mengenakan penutup mata sebagai simbol keadilan. Film ini menunjukkan sosok Madam Justice tanpa penutup mata, yang sudah berdiri di pengadilan kriminal Old Bailey sejak tahun 1907.

10. Dalam kisah flashback Valerie, Valerie menceritakan bagaimana ia terlibat dalam pembuatan sebuah film. Ada adegan di mana Valerie berakting mencuci pakaian dan dikelilingi para kru film. Para kru film tersebut sebenarnya adalah kru asli film V for Vendetta.

Komentar Anda