10 Fakta Unik Tentang Preity Zinta

Aktris cantik dan seksi ini lahir di Shimla pada tanggal 31 Januari 1975. Preity Zinta telah lama mengukir karir lewat berbagai peran di film-film terlaris Bollywood, sebut saja Dil Se.., Veer-Zaara, Kal Ho Naa Ho, dan Koi… Mil Gaya. Preity diapresiasi karena mampu membawa perubahan pada konsep pemeran utama wanita di film-film India. Karena akting memukaunya, Preity telah meraih banyak penghargaan di sepanjang karirnya.

Preity Zinta

Berikut 10 fakta menarik mengenai sosok Preity Zinta.

1. Aktris yang memiliki lesung pipit indah ini mempunyai gelar sarjana Sastra Inggris dan gelar pasca sarjana Psikologi Kriminal. Selepas kuliah, Preity langsung bermain dalam film pertamanya, Dil Se.., menemani Shah Rukh Khan dan Manisha Koirala.

2. Di akhir tahun 2004, Preity nyaris tewas dua kali, yakni dalam ledakan konser Temptation di Colombo, Sri Lanka, serta dalam bencana gempa bumi dan tsunami di samudera Hindia.

3. Preity bersahabat baik dengan Shah Rukh Khan dan istrinya, Gauri Khan, serta Hrithik Roshan dan istrinya, Suzanne Khan.

4. Preity membintangi film internasional pertamanya di tahun 2008, yakni film Kanada berjudul Heaven on Earth. Ia pun dianugerahi gelar Silver Hugo Award for Best Actress dalam ajang Chicago International Film Festival 2008.

5. Preity pernah menjadi saksi mata kasus mafia India, Bharat Shah, pada tahun 2003. Karena itulah, Preity mendapat penghormatan dari Godfrey Phillips National Bravery Award.

6. Preity bercerita bahwa semasa kecil ia termasuk gadis tomboy. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh latar belakang militer ayahnya, Durganand Zinta, yang merupakan seorang tentara India. Durganand selalu menekankan kedisiplinan dan ketepatan waktu pada anaknya.

7. Preity adalah penggemar berat serial TV The Simpsons.

8. Pada tahun 2011, Preity merluncurkan perusahaan produksinya sendiri, PZNZ Media. Dua tahun kemudian, setelah mengalami beberapa penundaan, ia merilis film pertamanya di bawah bendera PZNZ, sebuah film komedi romantis berjudul Ishkq in Paris. Dalam film itu, Preity berperan sebagai aktor merangkap sutradara, penulis naskah, sekaligus produser.

9. Sebagai aktris yang dikenal vokal dalam berekspresi, Preity juga melibatkan diri dalam berbagai kegiatan sosial. Beberapa hal yang diperjuangkan Preity antara lain pemberdayaan perempuan dan mempromosikan donor darah.

10. Bersama Ness Wadia, Mohit Burman, dan lainnya, Preity membeli hak kepemilikan tim kriket IPL yang berbasis di Mohali, Twenty20, pada tahun 2008. Preity dan rekan-rekannya membeli tim itu seharga 75 juta dolar AS dan mengubah namanya menjadi Kings XI Punjab. Sampai tahun 2009, Preity merupakan satu-satunya wanita yang memiliki tim IPL sekaligus pemilik tim IPL termuda.

Komentar Anda