10 Fakta Unik Tentang Stephen Chow, Raja Komedi Laga Asia

Melihat sosok Stephen Chow, kita pasti langsung mengingat dua film terlarisnya yang menguasai box office Hong Kong, Shaolin Soccer dan Kung Fu Hustle. Pria kelahiran 22 Juni 1962 ini sudah lama berkarya di dunia perfilman, baik sebagai aktor, sutradara, penulis naskah, maupun produser. Chow kerap membintangi dan menyutradarai film-film komedi laga yang sangat sukses. Selain dua film di atas, Chow juga dikenal lewat film CJ7, Justice, My Foot, The God of Cookery, Sixty Million Dollar Man, dan masih banyak lagi film lainnya.

Stephen Chow

Nah, yuk kita simak beberapa fakta menarik dan sedikit kocak dari aktor dan sineas brilian ini.

1. Stephen Chow mengawali karirnya sebagai aktor temporer di stasiun televisi TVB. Ia sudah bergabung dan berlatih di TVB sejak awal 80-an, namun hanya punya sedikit kesempatan untuk bermain film.

2. Ada sejumlah ciri khas dalam film-film Stephen Chow. Ia sering menggunakan nama karakter “Sing,” yang merupakan nama Chinanya (Chow Sing-Chi). Chow juga sering memerankan sosok pria underdog, sering berakting bersama Man Tat Ng, dan dikenal dengan gaya komedinya yang khas, seperti ‘bicara omong kosong’ dan berakting dengan iringan musik yang ‘nggak nyambung’.

3. Meski dikenal luas sebagai komedian terbaik Hong Kong, Stephen Chow sebenarnya adalah seorang stylish wing chun. Ia menggunakannya dalam adegan pertarungan, seperti di film Fist of Fury dan Kung Fu Hustle.

4. Stephen Chow tertarik dengan seni bela diri setelah menyaksikan aksi Bruce Lee. Sayang, orangtua Chow tak mampu mengirimnya ke sekolah kung fu. Chow tak kekurangan akal, ia mempelajari kung fu sendiri dari film-film di TV. Tapi Chow beberapa kali menyatakan bahwa ia samasekali bukan ahli bela diri ataupun kung fu.

5. Sutradara Hollywood Quentin Tarantino menyebut Stephen Chow sebagai aktor terbaik di Hong Kong. Chow sendiri mengidolakan Steven Spielberg.

6. Ketenaran awal Stephen Chow diraih bukan lewat film laga atau komedi, melainkan lewat acara TV anak-anak, 430 Space Shuttle.

7. Nama Stephen Chow kian melejit setelah ia membintangi film komedi tahun 1990, All for the Winner. Film itu membuatnya menjadi aktor Hong Kong paling dicari dalam industri perfilman Hong Kong.

8. Bersama Jackie Chan dan Chow Yun-fat, Stephen Chow adalah magnet terbesar film-film box office Hong Kong di era 90-an.

9. Stephen Chow memberikan pengaruh besar pada dunia perfilman dengan gaya komedinya yang disebut Mo lei tau, yang artinya adalah ‘tidak masuk akal’. Mo lei tau sendiri melibatkan berbagai unsur, dari parodi hingga anakronisme.

10. Sebagai sutradara sekaligus aktor, Stephen Chow kerap mengkasting aktris-aktris baru yang masih muda untuk menjadi lawan mainnya. Istimewanya, banyak dari aktris-aktris ini yang kemudian melejit menjadi bintang film Asia. Mereka kerap disebut sebagai ‘Gadis-gadis Sing’, beberapa di antaranya adalah Huang Shengyi, Karen Mok, Michelle Reis, Cecilia Cheung, Athena Chu, Zhao Wei, Zhang Yuqi, Sharla Cheung, Gigi Leung, dan Christy Chung. Total ada sekitar 30 aktris top Asia yang tergabung dalam ‘Sing Girls.’ Itulah salah satu jasa terbesar Chow yang juga menjadi bukti kebrilianannya dalam mengendus bakat aktris.

Komentar Anda