10 Fakta yang Perlu Anda Tahu Tentang Aamir Khan

Aamir Khan adalah sosok aktor, sutradara, sekaligus produser India yang memiliki karir panjang bergelimang kesuksesan. Sebagai salah satu nama terpopuler di industri Bollywood, Aamir telah mengumpulkan berbagai penghargaan lewat penampilan apiknya di banyak film top. Aamir pertama kali berakting sebagai aktor cilik dalam film tahun 1973 berjudul Yaadon Ki Baaraat. Beberapa film Aamir yang paling laris antara lain Ghajini, 3 Idiots, Dhoom 3, PK. Di Indonesia, salah satu filmnya yang paling booming adalah Mann.

Foto Aamir Khan

Berikut 10 fakta tentang sosok tampan kelahiran 14 Maret 1965 ini.

1. Aamir Khan adalah sosok aktor perfeksionis yang selalu mendesak naskah film diselesaikan terlebih dahulu sebelum ia bermain. Hal ini bertolak belakang dengan kebiasaan sineas India yang sering mengimprovisasi detail naskah ketika syuting berlangsung.

2. Aamir juga dikenal sebagai aktor yang sangat berkomitmen pada setiap proyek filmnya. Ia menolak untuk bermain dalam lebih dari satu film pada satu waktu, tak seperti kebanyakan aktor India lainnya yang biasanya mengerjakan beberapa proyek film sekaligus dalam satu waktu.

3. Aktor yang beragama Islam ini merupakan satu dari tiga Khan yang berjaya di era 90-an. Dua lainnya adalah Shah Rukh Khan dan Salman Khan.

4. Aamir adalah penggemar cerita-cerita Alfred Hitchkock.

5. Aamir bercerai dengan Reena Dutta pada tanggal 9 Desember 2002. Pernikahan mereka dikaruniai dua orang anak, Junaid Khan dan Ira Khan.

6. Aamir merupakan pasangan populer Juhi Chawla. Selain bersahabat dengannya, Aamir juga bersahabat dengan Rani Mukerji dan Salman Khan.

7. Nenek moyang Aamir berasal dari Afghanistan.

8. Pada Maret 2015, Aamir menyatakan bahwa ia menganut gaya hidup vegan setelah terinspirasi oleh istri keduanya, Kiran Rao.

9. Aamir sempat memicu kontroversi ketika ia mengekspresikan perasaannya tentang intoleransi di India. Perkataan Aamir tentang “pindah keluar dari India” memicu perdebatan di media sosial. Sejumlah seleb ada yang mengkritiknya, seperti Akshay Kumar, dan ada pula yang mendukungnya, seperti Shah Rukh Khan.

10. Selain aktor, Aamir merupakan endorser populer. Ia pernah menjadi endorser produk-produk Coca-Cola, Toyota Innova, Samsung, dan lain sebagainya.

Komentar Anda