10 Hal Menarik Tentang Raja Film Action Asia Jackie Chan

Siapa yang tak kenal sosok Jackie Chan? Ia adalah aktor, stuntman, sutradara, produser, penulis naskah film layar lebar, dan juga penyanyi asal Hong Kong. Jackie Chan memang sangat tersohor di seluruh dunia. Jackie merupakan salah satu aktor yang membanggakan publik benua Asia. Tak terhitung sudah puluhan film laris yang ia pernah bintangi.

Gambar Jackie Chan

Jackie juga dikenal sebagai salah seorang aktor yang tak pernah menggunakan jasa stuntman alias pemeran pengganti lho. Well, Jackie memang sangat profesional dan bernyali tinggi. Simak 10 fakta super unik soal Jackie Chan di sini yuk!

1. Jackie Chan terkenal sebagai aktor profesional yang selalu melakukan perannya tanpa bantuan pemeran pengganti. Ia pernah mengalami patah tulang hidung tiga kali, patah tulang pergelangan kaki sekali. Jari-jari tangannya yang paling sering cedera. Selain itu pipi dan juga tulang kepalanya sering terluka selama menjalani syuting.

2. Karena sangat berdedikasi, Jackie sampai memiliki luka permanen pada kepalanya karena kecelakaan yang ia alami saat menjalani syuting filmnya.

3. Jackie Chan memiliki fan club yang beranggotakan lebih dari 10.000 orang. Mayoritas anggotanya adalah wanita dan salah satu di antaranya bunuh diri saat tahu bahwa Jackie Chan sudah menikah. Satu lagi lainnya mencoba bunuh diri namun berhasil diselamatkan.

4. Dalam adegan action yang ia jalani, Jackie selalu benar-benar menendang dan memukul lawannya. Karena itu ia selalu meminta lawannya mengenakan pengaman agar tidak cedera selama syuting berlangsung.

5. Tidak hanya piawai dalam berakting, Jackie Chan juga memiliki bakat di dunia tarik suara. Ia merilis banyak album di Asia.

6. Luka dan cedera paling parah yang pernah ia alami sepanjang syuting film-film actionnya dalah dalam film Enter the Dragon (1973) saat Bruce Lee tak sengaja memukul Jackie tepat pada wajahnya dengan menggunakan nunchuck atau double stick.

7. Jackie pandai berbahasa Kanton, Mandarin, Bahasa Inggris, dan Bahasa Korea.

8. Jackie berperan sebagai polisi di lima film di tahun 1985 sendirian. Film-film tersebut antara lain Fuk sing go jiu (1985), The Protector (1985), My Lucky Stars 2: Twinkle Twinkle Lucky Stars (1985), Heart of a Dragon (1985), dan Police Story (1985). Jackie mengungkapkan bahwa jika ia tak menjadi seorang aktor, maka ia akan jadi polisi.

9. Bagian paling sulit saat berakting adalah saat ia harus berdialog dalam bahasa Inggris. Jackie lebih memilih untuk melakukan berbagai adegan action yang sulit dibandingkan berdialog panjang dalam bahasa Inggris.

10. Meskipun sangat piawai dalam beradegan laga dan bela diri, Jackie mengaku bahwa ia hanya pernah melakukan perkelahian serius sekali dalam hidupnya.

Komentar Anda