10 Idol K-Pop yang Paling Lama Jadi Trainee Sebelum Debut

Di dunia K-Pop, sebelum seorang idol melakukan debut bersama grupnya, ia harus menjalani sebuah proses pelatihan panjang sebagai trainee di bawah agensinya. Hanya segelintir dari mereka yang bisa didebutkan setelah menjalani pelatihan singkat. Di masa itu, para idol digodok segala skillnya, mulai dari dance dan menyanyi sebelum benar-benar siap beraksi di atas panggung. Beberapa idol diberi waktu lebih lama untuk berlatih sebelum mereka jadi seperti sekarang.

Inilah para idol K-Pop dengan masa trainee terlama.


10. Min miss A

Min miss A

Min miss A berlatih di bawah asuhan JYP Entertainment selama 6 tahun. Di usia 13 tahun, Min membentuk duo dance bernama Little Winners bersama Hyoyeon SNSD. Min lantas mengikuti audisi JYP, dan setelah setahun menjadi trainee, ia dikirim ke AS untuk debut. Ia akhirnya debut bersama miss A di tahun 2010.

9. Suho EXO

Suho EXO

Suho berlatih di bawah bimbingan S.M. Entertainment selama 6,5 tahun. Di tahun 2006, ia ditemukan oleh manajer kasting SM di jalanan saat ia masih berusia 16 tahun. Suho lantas diundang menjadi trainee melalui sistem kasting SM. Suho akhirnya diperkenalkan sebagai anggota kesepuluh EXO pada Februari 2012.

8. Jo Kwon 2AM

Jo Kwon 2AM

JYP Entertainment melatih Jo Kwon selama 7 tahun. Ia memasuki kompetisi 99% Challenge Project yang digelar oleh CEO JYP, Park Jin-young. Saat itu, Jo Kwon baru berusia 13 tahun. Ia lantas terpilih menjadi member terakhir di proyek itu dan melakukan debutnya bersama 2AM di tahun 2008 sebagai leader grup.

7. Seulgi Red Velvet

Seulgi Red Velvet

Seulgi Red Velvet berlatih bersama SM Entertainment selama 7 tahun. Ia bergabung dengan perusahaan hiburan itu hampir bersamaan dengan Krystal f(x) dan Kai EXO. Meski kedua rekannya itu didebutkan terlebih dahulu, Seulgi tetap menjadi trainee sampai ia melakukan debutnya bersama RV pada 2014.

6. Yoona SNSD

Yoona SNSD

Yoona dari Girls’ Generation atau SNSD menyandang status trainee SM Entertainment selama 7 tahun. Yoona terinspirasi untuk menjadi seorang penyanyi karena pengaruh rekan girlband satu labelnya, S.E.S. Yoona akhirnya melakukan debut sebagai member SNSD di tahun 2007 dan terus bersinar sampai kini.

NEXT

Komentar Anda