11 Drakor Terbaik TVN dengan Rating Tertinggi (2013-2018)

Bukan rahasia lagi bila jaringan TV kabel Korea Selatan, TVN, punya banyak sekali drama yang unik dan berkelas. Tak heran bila pecinta drama Korea terkadang lebih suka nonton drama TVN dibanding drama reguler dari stasiun TV mainstream yang biasanya monoton tentang percintaan. Genre fantasi, thriller, misteri, kriminal, dan action sering kita temui di drama-drama TVN. Dengan kata lain, drama-drama TVN lebih beragam dan fresh.

Nah buat kalian pecinta drama TVN, berikut adalah 11 drama terpopuler dalam lima tahun terakhir.

1. Reply 1988

Rating puncak: 18,803%

Reply 1988

Posisi pertama dipegang Reply 1988, sebuah drama rom-com keluarga bertemakan cinta dan persahabatan. Ini adalah kisah lima sahabat dari wilayah Ssangmundong di Seoul yang saling mengandalkan untuk bertahan dalam kehidupan remaja yang penuh tantangan agar sukses di masa depan. Dibintangi para aktor muda macam Hyeri, Ryu Jun-yeol, Park Bo-gum, dan Go Kyung-pyo, drama ini mampu meraih cinta pemirsa dan meneruskan tradisi kesuksesan seri Reply yang sudah dimulai sejak tahun 2012.

2. Guardian: The Lonely and Great God

Rating puncak: 18,680%

Guardian The Lonely and Great God

Dikenal juga dengan judul Goblin, roman fantasi yang dibintangi Gong Yoo, Kim Go-eun, dan Lee Dong-wook ini menuai aplaus pemirsa luas karena keunikan jalan ceritanya. Ini adalah kisah goblin kuno berusia 939 tahun yang mencari seorang pengantin manusia untuk mencabut pedang yang menancap di dadanya sejak lama agar dia bisa beristirahat dengan tenang. Goblin sangat populer di dunia internasional dan menginspirasi banyak tren di bidang fashion.

3. Signal

Rating puncak: 12,544%

Signal

Konon drama bergenre thriller sulit mendapat penonton loyal, tapi Signal mampu membuktikan sebaliknya. Drama yang diperkuat Lee Je-hoon, Kim Hye-soo, dan Cho Jin-woong ini justru melampaui banyak drama percintaan untuk menjadi drama TV kabel terlaris ketiga. Baik plot maupun penampilan para aktornya mendulang pujian. Signal terinspirasi pada kasus pembunuhan Hwaseong dan menceritakan seorang profiler yang bisa berkomunikasi dengan detektif dari masa lalu melalui handy talkie ajaib.

4. Reply 1994

Rating puncak: 11,509%

Reply 1994

Hampir tiga tahun Reply 1994 kokoh di puncak drama TV kabel terlaris sebelum dilampaui penerusnya sendiri, Reply 1988. Dibintangi Go Ara, Jung Woo, Yoo Yeon-seok, dll, drama ini bercerita tentang enam orang mahasiswa dari berbagai provinsi di Korea Selatan yang tinggal di satu rumah di daerah Sinchon. Berbagai kisah menarik mewarnai kebersamaan mereka. Meski memasang penulis skenario dan sutradara yang sama serta diperkuat beberapa bintang Reply 1997, drama ini bukan merupakan prekuel Reply 1997.

5. Prison Playbook

Rating puncak: 11,195%

Prison Playbook

Di awal tahun 2018, Prison Playbook membuat kejutan dengan menyodok peringkat lima besar. Drama sepanjang 16 episode yang dibintangi duet Park Hae-soo dan Jung Kyung-ho ini menghadirkan tema yang ‘biasa,’ yaitu tentang kehidupan narapidana dan sipir di dalam penjara, namun jalan cerita dan karakterisasinya dibuat sedemikian menarik dan cerdas hingga pemirsa pun tenggelam di setiap episodenya. Aktor Park Hae-soo untuk pertama kalinya mendapat peran utama melalui drama ini.

6. Another Miss Oh

Rating puncak: 9,991%

Another Miss Oh

Satu dari sedikit drama rom-com percintaan yang berhasil masuk sepuluh besar adalah Another Miss Oh yang menampilkan pasangan Eric Mun dengan Seo Hyun-jin. Drama ini memegang rekor sebagai acara TVN berating tertinggi di hari Senin-Selasa. Kisahnya berpusat pada Park Do-kyung, pria berusia 36 tahun yang berprofesi sebagai sound director. Dia adalah orang yang tertutup, tenang, dan tekun dalam bekerja. Do-kyung belum bisa move on dari mantannya hingga suatu ketika dia bertemu wanita yang bernama sama dengan mantannya, Oh Hae-young.

7. Misaeng

Rating puncak: 8,240%

Misaeng

Misaeng adalah satu-satunya drama bertema perkantoran yang masuk 10 besar dan bahkan dianggap sebagai salah satu drama paling realistis. Ini juga menjadi drakor pertama yang syuting di Yordania. Diadaptasi dari webtoon karya Yoon Tae-ho, drama ini menceritakan Jang Geu-rae, seorang pemuda yang terobsesi dengan permainan baduk namun terpaksa harus hidup secara ‘realistis’ dengan cara bekerja nyata. Dia lalu diterima bekerja sebagai karyawan magang di sebuah perusahaan trading dan bertemu berbagai karakter unik di sana. Akting Im Si-wan, Lee Sung-min, Kang So-ra, Kang Ha-neul, dan Byun Yo-han semuanya mendapat apresiasi.

8. Dear My Friends

Rating puncak: 8,087%

Dear My Friends

Lain daripada yang lain. Jika biasanya drama Korea dibintangi oleh para aktor muda nan menawan, drama ini justru dibintangi oleh aktor-aktor tua berusia di atas 60 tahun, kecuali Go Hyun-jung. Dear My Friends bercerita tentang persahabatan orang-orang sepuh yang tetap semangat menjalani sisa hidup mereka. Ada banyak kisah menarik, lucu, dan sedih dalam drama ini. Tak heran bila selain mendapat rating tinggi, Dear My Friends juga dinobatkan menjadi drama terbaik di ajang Baeksang Arts Awards dan memenangkan penghargaan Best Content Award, Drama dari tvN10 Awards.

9. Oh My Ghost

Rating puncak: 7,337%

Oh My Ghost

Tak rugi TVN membayar Park Bo-young dengan nominal super besar karena aktris imut ini sukses mengantar Oh My Ghost meraih rating tertinggi di tahun 2015. Dia dipasangkan dengan aktor flamboyan nan awet muda, Jo Jung-suk, yang berperan sebagai koki hebat sekaligus bos Na Bong-sun (Bo-young). Selain menyorot hubungan antara bos dan anak buahnya itu, kita juga diajak untuk melihat ulah nakal hantu perawan Shin Soon-ae (Kim Seul-gie) yang haus akan cinta dan merasuki tubuh wanita muda untuk menggoda para pria. Dan kali ini yang akan dirasukinya adalah tubuh Bong-sun.

10. Second 20s

Rating puncak: 7,233%

Second 20s

Drama TVN terlaris kedua di tahun 2015 ini menghadirkan kisah roman komedi yang sebenarnya cukup tragis dan menyentuh. Aktris veteran Choi Ji-woo berperan sebagai Ha No-ra, seorang ibu rumah tangga yang hidupnya akan segera berakhir karena dia mengidap penyakit mematikan. Hanya punya waktu enam bulan untuk hidup, No-ra memutuskan untuk merasakan kehidupan masa muda yang dulu tak sempat dia rasakan. Dia berkuliah untuk pertama kalinya dan menjadi teman sekampus putranya sendiri, Kim Min-soo. Lebih seru lagi, suaminya ternyata juga mengajar di sana, sedangkan dosen seni teater No-ra adalah orang yang dulu pernah naksir dengannya semasa SMA.

11. Cheese in the Trap

Rating puncak: 7,102%

Cheese in the Trap

Tak mengherankan bila Cheese in the Trap meraih rating yang tinggi karena fans webtoon aslinya memang sangat banyak. Kolaborasi Park Hae-jin dan Kim Go-eun beserta Seo Kang-joon dan Lee Sung-kyung mengantar drama ini menjadi drama yang paling banyak dibicarakan netizen di tahun 2016 walau akhirnya fans webtoonnya kecewa karena endingnya yang berbeda. Cheese in the Trap menghadirkan kisah romantis nan manis getir antara dua mahasiswa bernama Yoo Jung dan Hong Seol. Berkat akting mereka yang baik, Hae-jin dinobatkan sebagai Aktor Terbaik di ajang Korean Cable TV Awards 2016 sementara Go-eun meraih gelar Aktris Pendatang Baru Terbaik dari ajang Baeksang Arts Awards.

Komentarmu