11 Fakta Menarik Tentang Film Dhoom (2004)

Dhoom adalah film thriller laga Bollywood tahun 2004 yang menampilkan Abhishek Bachchan, Uday Chopra, John Abraham, dan beberapa aktor kenamaan lainnya. Film yang sangat sukses ini disutradarai oleh Sanjay Gadhvi dan diproduseri oleh Aditya Chopra. Dhoom menceritakan geng motor Mumbai pimpinan Kabir yang sangat meresahkan. Sepak terjang mereka menjadi incaran polisi, terutama Asisten Komisaris Polisi Jai Dixit. Jai pun meminta bantuan seorang mekanik dan pembalap bernama Ali Khan untuk menghentikan Kabir dan rekan-rekannya.

Dhoom

Berikut fakta-fakta yang perlu Anda tahu tentang Dhoom.

1. Sanjay Gadhvi sebenarnya memfilmkan banyak adegan seks antara Abhishek Bachchan dengan Rimi Sen. Namun Gadhvi khawatir adegan semacam itu tidak cocok dengan penonton India. Karena itulah ia kemudian menghapusnya.

2. Dhoom adalah film laga pertama yang diproduksi oleh Yash Raj Films selama 16 tahun terakhir setelah Yash Chopra menyutradarai film Vijay di tahun 1988.

3. Awalnya film ini akan menampilkan banyak mobil sports mewah, namun Sanjay Gadhvi mengubahnya menjadi motor karena ia ingin wajah para aktornya terlihat dengan jelas. Di samping itu, Sanjay sangat menggilai motor ketika muda.

4. Sutradara musik, Pritam Chakraborty, sempat kesulitan ketika mengaransemen lagu “Dhoom Dhoom.” Tata Young, sang penyanyi, kesulitan mengucapkan kata “Dhoom.” Penyanyi Thailand itu mengejanya “Doom.” Ejaan Tata itu pun akhirnya tetap dibiarkan seperti aslinya.

5. Motor yang dipakai di film ini adalah Suzuki Hayabusa 1300cc, Suzuki GSX-R600 600cc, dan Suzuki Bandit 1200cc.

6. Yash Chopra sebenarnya sudah mengontrak Sanjay Dutt untuk memerankan Kabir, namun karena kerumitan jadwal, Sanjay pun membatalkannya. Akhirnya Aditya Chopra memilih menggunakan aktor muda untuk memerankan karakter penjahat itu.

7. Konsep film ini datang ketika Aditya Chopra menonton film thriller laga ayahnya, Kaala Patthar. Judul Dhoom dan lagu “Dhoom Machale” pun sebenarnya diambil dari judul salah satu lagunya, “Dhoom Mache Dhoom.” Uniknya lagi, film itu dibintangi Amitabh Bachchan, sedangkan Dhoom dibintangi putranya, Abhishek Bachchan.

8. Dhoom menjadi film pertama Abhishek Bachchan yang sukses setelah film-filmnya terdahulu gagal, sama seperti ayahnya yang menuai kesuksesan pertama lewat film Zanjeer di tahun 1973.

9. Dhoom diproduksi dengan anggaran 1,6  juta dolar AS dan sanggup mendapatkan keuntungan sekitar 11 juta dolar AS.

10. Dua penghargaan Filmfare untuk kategori Penyuntingan Terbaik dan Suara Terbaik didapatkan film ini. John Abraham juga mendapatkan dua penghargaan dari Zee Cine Award dan IIFA Best Villain Award.

11. Kabir memberikan kertas pada Jai bertuliskan tempat dan tanggal perampokannya yang akan datang, yaitu 17 Desember. Tanggal itu sebenarnya adalah tanggal kelahiran John Abraham, pemeran Kabir.

Komentar Anda