11 Fakta Menarik Tentang Film Wazir (2016)

Wazir adalah film Bollywood yang dirilis pada 8 Januari 2016 dan menampilkan Amitabh Bachchan dan Farhan Akhtar sebagai pemeran utama. Di samping dua aktor top itu, ada pula nama-nama kondang seperti Aditi Rao Hydari, Manav Kaul, Neil Nitin Mukesh, dan John Abraham sebagai pemeran pendukung. Mengusung genre drama kriminal, film ini menceritakan dua sahabat, seorang grandmaster catur yang lumpuh, Pandit Omkarnath Dhar, dan seorang perwira skuad anti teroris, Daanish Ali. Dibalut duka dan nasib yang berkelindan, keduanya memutuskan untuk membantu satu sama lain dalam memenangkan pertarungan terbesar dalam hidup mereka.

Film Wazir

Berikut sejumlah fakta menarik tentang film Wazir.

1. Produser Vidhu Vinod Chopra sudah mengantongi naskah film ini sejak tahun 2000-an. Ia awalnya ingin menjadikan film ini sebagai film Hollywood dengan pemeran aktor-aktor Amerika. Ia merasa orang India tak cukup dewasa untuk memahami plot seputar catur. Vindhu ingin Dustin Hoffman atau Anthony Hopkins menjadi pemeran utamanya.

2. Judul proyek film ini berubah dari waktu ke waktu. Judul pertamanya adalah Fifth Move ketika Vindhu ingin menjadikannya sebagai film internasional. Beberapa tahun kemudian bakal film ini disebut 64 Squares ketika Vindhu sudah bulat akan membuat film ini dengan sutradara Bejoy Nambiar. Ketika syuting film ini menggunakan judul Do, dan akhirnya diputuskan bahwa Wazir adalah judul yang tepat.

3. Trailer pertama Wazir dirilis pada 18 Desember 2014 bersamaan dengan film PK, yang juga diproduksi oleh tim yang sama. Ini adalah strategi khas Vinod Chopra Films untuk merilis trailer dari film mendatang mereka bersamaan film mereka yang sedang dirilis.

4. Film ini menandai kali pertamanya Amitabh Bachchan beradu akting dengan Farhan Akhtar sebagai aktor. Sebelumnya, Amitabh menjadi pemeran utama dalam film yang disutradarai Farhan, Lakshya (2004). Saat itulah Vidhu Vinod Chopra memberi tahu Farhan tentang skenario film Wazir.

5. Sebelum melaksanakan syuting perdana pada tanggal 28 September 2014 di Mumbai, para pemain dan kru melakukan latihan bersama selama seminggu penuh.

6. Amitabh Bachchan sebenarnya sudah membaca naskah film ini 12 tahun yang lalu.

7. Para petugas polisi Mumbai melayangkan pujian pada transformasi penampilan Farhan Akhtar sebagai perwira skuad anti teroris dalam trailer pertama.

8. Farhan Akhtar masih menyebut Amitabh Bachchan dengan nama Panditji bahkan setelah syuting usai, demikian pula dengan kru film lainnya.

9. Neil Nitin Mukesh, pemeran Wazir, mengaku cukup sulit untuk mengintimdasi karakter Amitabh Bachchan dalam film ini. Ini adalah kali pertama bagi Neil beradu akting dengan aktor legendaris tersebut.

10. Vidhu Vinod Chopra menceritakan bahwa ia mendapat inspirasi dari kasus pembunuhan pemain badminton India, Syed Modi, pada tanggal 28 Juli 1988 di Lucknow. Namun Vindhu mengatakan bahwa film ini sangat berbeda dengan insiden tersebut.

11. Lagu pertama dalam soundtrack Wazir, “Tere Bin,” dinyanyikan oleh Sonu Nigam dan Shreya Ghoshal, sedangkan lagu kedua, “Tu Mere Pass,” dinyanyikan oleh Ankit Tiwari. Secara keseluruhan film ini menampilkan tujuh buah lagu.

Komentar Anda