11 Fakta Unik Tentang Film Kabhi Khushi Kabhie Gham… (2001)

Kabhi Khushi Kabhie Gham… adalah film drama India yang diarahkan oleh sutradara Karan Johar dan dibintangi oleh sejumlah nama tenar, seperti Shah Rukh Khan, Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Kajol, Hrithik Roshan, Kareena Kapoor, dan Rani Mukerji. Film ini secara garis besar mengisahkan Rahul, anak angkat keluarga Raichand yang kaya raya. Keluarga Rahul bermaksud menjodohkannya dengan seorang gadis, namun Rahul sudah mencintai gadis lain bernama Anjali yang berasal dari keluarga biasa. Cinta Rahul itu mendapat penolakan dari keluarganya, namun Rahul bertekad untuk memperjuangkan cintanya pada Anjali.

Kabhi Khushi Kabhie Gham...

Film ini sangat populer dan diterima di berbagai negara termasuk Indonesia. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan trivia film ini, berikut kami hadirkan 11 faktanya untuk Anda.

1. Syuting film Kabhi Khushi Kabhie Gham… sebagian besar dilakukan di Mumbai dan London serta Mesir.

2. Syuting pertama dilakukan pada tanggal 16 Oktober 2000 dengan pemfilman lagu “Bole Chudiyan,” menampilkan Shah Rukh Khan, Kareena Kapoor, Kajol, dan Hrithik Roshan. Amitabh dan istrinya, Jaya Bachchan, bergabung pada tanggal 20 Oktober. Hadirnya aktor-aktor papan atas ini menciptakan tekanan tinggi yang membuat sutradara Karan Johar pingsan. Ia tetap mengarahkan lagu tersebut sambil berbaring di ranjang.

3. Lagu “Suraj Hua Maddham” difilmkan di sekitar Piramida Giza di Kairo, Mesir. Karena kondisi pencahayaan yang buruk, kru hanya bisa mengambil gambar antara pukul 7 sampai 9 pagi. Karena itulah pemfilman lagu ini menghabiskan waktu beberapa hari.

4. Film Kabhi Khushi Kabhie Gham… memiliki beberapa kemiripan dengan film arahan Karan sebelumnya, Kuch Kuch Hota Hai. Selain sama-sama menggunakan nama Rahul dan Anjali, gaya penceritaan film ini juga mirip. Lagu “Suraj Hua Madham” mengandung secuil melodi dari film Kuch Kuch Hota Hai, dan Rani Mukerji memiliki peran kecil namun sangat penting dalam dua film ini. Masih banyak kemiripan antara film Kabhi Khushi Kabhie Gham… dan Kuch Kuch Hota Hai.

5. Dalam film Kuch Kuch Hota Hai, Kajol mengalami cedera ketika jatuh dari sepeda. Sedangkan dalam film Kabhi Khushi Kabhie Gham…, aktris cantik ini juga cedera karena jatuh ketika syuting di Piramida Giza.

6. Ketika Hrithik Roshan menyaksikan adegan di mana Shah Rukh Khan dan Amitabh Bachchan berbaikan, ia begitu terkesima dan tertekan oleh akting kedua aktor itu hingga ia sendiri tak mampu menyelesaikan bagiannya. Roshan harus menyelesaikan bagiannya keesokan harinya setelah diyakinkan oleh Amitabh.

7. Dengan budget raksasa sekitar 6 juta dolar AS, Kabhi Khushi Kabhie Gham… menjadi film salah satu film termahal Bollywood. Namun film ini juga mendatangkan keuntungan yang berlipat, mencapai 20 juta dolar AS.

8. Karan dan tim desainer kostum berbelanja di beberapa lokasi di Amerika Serikat, London, Milan, dan New Delhi untuk mendapatkan pakaian-pakaian terbaik untuk masing-masing pemain.

9. Soundtrack film Kabhi Khushi Kabhie Gham… meledak di pasaran. Album ini laku 2,5 juta kopi hanya dalam waktu 30 hari setelah dirilis.

10. Film ini meraih tak kurang dari 15 nominasi penghargaan di ajang nasional Filmfare Awards, dan sukses memboyong lima penghargaan di antaranya.

11. Selama proses produksi dan pemfilman berlangsung, sebuah buku berjudul The Making of Kabhi Khushi Kabhie Gham ditulis oleh Niranjan Iyengar. Buku yang mengupas segala hal terkait film Kabhi Khushi Kabhie Gham… ini dipublikasikan beberapa hari setelah rilis film ini di bioskop.

Komentar Anda