11 Fakta Unik Tentang Film Police Story (1985)

Police Story adalah film Hong Kong yang sangat sukses dan berpengaruh. Disutradarai sekaligus dibintangi oleh Jackie Chan, film ini menjadi awal dari franchise film Police Story yang begitu populer tak hanya di Asia, melainkan juga di seluruh dunia. Dalam film pertama ini, Jackie Chan tampil sebagai Kevin Chan, seorang polisi Hong Kong yang punya reputasi besar karena secara virtual mampu menangkap bandar narkoba besar. Namun Kevin harus menerima balasannya, yakni dijebak dengan kasus pembunuhan rekannya. Kevin harus membersihkan namanya sekaligus menyelamatkan dirinya dari pembunuhan atau penangkapan.

Police Story

Berikut fakta-fakta menarik tentang film Police Story.

~O~

1. Film berdurasi 101 menit ini sukses merebut penghargaan sebagai Film Terbaik dalam ajang Hong Kong Film Awards tahun 1986. Jackie Chan juga mendapatkan dua gelar sekaligus, yakni sebagai Aktor Terbaik dan Sutradara Terbaik.

2. Sang bintang, Jackie Chan, menyebut Police Story sebagai film laga terbaiknya.

3. Sebagai trendsetter, langkah Jackie Chan selalu diikuti oleh banyak sineas Hong Kong. Contohnya, saat film The Legend of Drunken Master diumumkan, semua sineas langsung ikut-ikutan membuat film tentang dewa mabuk. Dengan judul simpel, Police Story, semua orang dibuat blank. Mereka mengira film ini hanyalah film tentang polisi, apalagi saat itu di Hong Kong tak ada seorang pun yang pernah membuat film polisi kung fu sebelumnya.

4. Salah satu adegan paling terkenal dari film ini adalah adegan Jackie Chan meluncur turun dengan tiang di mall. Adegan itu nyaris membuat Jackie lumpuh setelah tulang ketujuh dan kedelapan di tulang belakangnya nyaris patah. Ia juga mengalami dislokasi panggul. Istimewanya lagi, adegan itu diambil hanya dalam sekali take.

5. Police Story memiliki pengaruh besar di Hollywood. Sejumlah film Hollywood seperti Bad Boys II, Rapid Fire, Tango & Cash, dan lainnya meniru beberapa adegan ekstrim dari film ini.

6. Produser membuat kaca palsu (sugar glass) dua kali lebih tebal dari biasanya untuk membuat film ini terlihat makin meyakinkan. Namun cara ini juga menyebabkan banyak pemain cedera.

7. Jackie Chan mengalani luka bakar di tangannya ketika melakukan adegan meluncur di tiang mal. Lampu pohon Natal ternyata ditancapkan ke dinding, bukan ke baterai mobil bertegangan rendah.

8. Saking banyaknya kaca yang digunakan dalam film ini, kru menyebut film ini sebagai Glass Story alias Cerita Kaca.

9. Jackie Chan dilarikan ke rumah sakit menyusul aksinya di mana ia jatuh terbalik dari atas balkon dan menghantam kaca dan lampu. Saat itu ia sampai tidak bisa bernapas.

10. Proyek film ini bermula ketika Jackie Chan merasa frutrasi dengan kegagalannya di film The Protector yang dimaksudkan untuk menjadi titik masuknya ke pasar film Amerika.

11. Tak cuma Jackie Chan, aktris Brigitte Lin (pemeran Selina Fong atau sekretaris Chu Tao) juga melakukan banyak adegan berbahayanya sendiri.

Komentar Anda