12 Grup Pendatang Baru K-Pop Terbaik di Tahun 2016

Tahun lalu menjadi saat yang monumental dalam sejarah K-Pop karena banyaknya grup idol dan penyanyi solo Korea yang meroket popularitasnya. Meski menyandang status pendatang baru, grup idol berikut punya segudang bakat dan pesona sehingga mereka tak hanya bisa bertahan, tapi juga memanen fans baru dan ketenaran yang lebih tinggi. Dan eksistensi mereka akan mendapat ujian berat di waktu-waktu mendatang. Siapa saja grup rookie terbaik tahun lalu?

1. I.O.I

IOI

Tahun 2016 menandai kelahiran grup sensasional I.O.I yang para membernya dijaring dari program Produce 101. Grup yang membernya berasal dari berbagai agensi ini meraih lebih dari 20 penghargaan dan mencetak pendapatan miliaran won. Musik-musik mereka langsung disukai semua orang ketika rilis. Sayang I.O.I akan dibubarkan di bulan Januari 2017.

2. BLACKPINK

BLACKPINK

Meski sangat baru di dunia musik, empat gadis BLACKPINK sudah membuktikan kekuatan mereka sebagai andalan YG Entertainment. Tak hanya meramaikan pasar musik dan menggairahkan dunia K-Pop, BLACKPINK juga mengumpulkan penghargaan demi penghargaan di acara-acara akhir tahun untuk menandai tahun debut impresif mereka.

3. Cosmic Girls

Cosmic Girls

Cosmic Girls adalah girlband yang beranggotakan 13 gadis dari Korea dan China. Sama seperti SEVENTEEN yang dipecah menjadi empat unit, Cosmic Girls juga dipecah jadi empat, yaitu Wonder, Joy, Sweet, dan Natural. Mereka juga merilis lagu-lagu versi Mandarin seperti yang dilakukan EXO. Dan Cosmic Girls kini sudah jadi grup yang sangat diperhitungkan.

4. NCT

NCT

Rasanya NCT sudah berpromosi di sepanjang tahun 2016. Dengan didebutkannya unit-unit mereka, yakni NCT U, NCT 127, dan NCT Dream, NCT berkiprah melebihi grup-grup pendatang baru lainnya. Semua ini lantaran format unik NCT yang memungkinkan member berbeda untuk ambil bagian dalam promosi unit-unitnya. Popularitas NCT terus meningkat dengan rilisan musik gres, menjadikan mereka andalan baru SM Entertainment.

NEXT


Komentar Anda