14 Fakta Seru di Balik Film Lagaan (2001)

Film yang berjudul lengkap Lagaan: Once Upon a Time in India ini dirilis pada tahun 2001 dan menampilkan Aamir Khan sebagai pemeran karakter sentral, Bhuvan. Aamir juga menjabat sebagai produser bersama Mansoor Khan dalam film drama yang disutradarai Ashutosh Gowariker ini. Berlatar belakang pada masa penjajahan Inggris atas India di periode Victoria, tepatnya sekitar tahun 1893, Lagaan menceritakan bagaimana para penduduk desa dibebani pajak mahal oleh pemerintah Inggris. Seorang pemuda desa bernama Bhuvan muncul dan menerima tantangan Inggris untuk bertanding kriket, hal yang sangat asing bagi mereka, yang justru akan menentukan nasib mereka.

Lagaan

Berikut fakta-fakta mengenai film Aamir Khan ini.

1. Lagaan adalah film yang sangat panjang, berdurasi 3 jam 54 menit. Sebelum diedit, film ini punya durasi yang jauh lebih panjang lagi, yaitu 7 jam 30 menit.

2. Lagaan menjadi film Bollywood pertama yang menggunakan suara tersinkronisasi. Kamera Arriflex 535 didatangkan secara khusus dari Jerman untuk memfasilitasi hal itu. Sebelumnya, film-film India didubbing di studio dalam sebuah proses yang dikenal dengan istilah ADR.

3. Model sekaligus aktris cantik Sonali Bendre sebenarnya tertarik memerankan Gauri, namun Aamir Khan menolaknya dengan alasan penampilan Sonali lebih mirip orang Barat. Gracy Singh akhirnya yang mendapatkan peran itu.

4. Film ini disyuting di desa Bhuj di wilayah Gujarat. Bhuj kemudian hancur karena gempa bumi Gujarat yang terjadi pada 26 Januari 2001, atau enam bulan setelah Lagaan selesai dibuat.

5. Aamir Khan menindik telinganya agar ia bisa mengenakan anting-anting dalam film ini. Dan anting-anting yang ia kenakan itu sebenarnya adalah milik istrinya.

6. Lagaan punya banyak kemiripan dengan film Bhuvan Shome di tahun 1969. Uniknya, Amitabh Bachchan berperan sebagai narator dalam dua film itu. Nama karakter utama pria dan wanitanya juga sama, yaitu Bhuvan dan Gauri.

7. Abhishek Bachchan ditawari sebuah peran dalam film ini, namun ia menolaknya.

8. Lagaan mewakili India dalam ajang penghargaan film tertinggi di dunia, Academy Awards, untuk kategori Best Foreign Language Film.

9. Peran utama sebagai Bhuvan sebenarnya ditawarkan pada Shah Rukh Khan, namun ia menolaknya.

10. Ameesha Patel mengikuti audisi untuk mendapat peran sebagai Gauri, namun gagal. Justru Preity Zinta yang ditawari peran itu menolaknya dengan alasan tidak sanggup untuk terlibat syuting selama empat bulan lamanya.

11. Jumlah aktor Inggris yang dimainkan dalam film ini adalah yang terbanyak dalam sejarah perfilman India.

12. Syuting film ini sangat berat, berlangsung dari musim dingin hingga musim panas. Suhu berkisar dari 0 hingga 50 °C. Para aktor harus banyak minum dan berteduh.

13. Jadwal syuting film ini sangat ketat. Dimulai dari pukul 6 pagi, para aktor harus bergegas naik bis yang sama ke lokasi syuting di Kanuria dan tak boleh ada yang terlambat.

14. Suatu ketika Aamir Khan terlambat naik bis aktor. Reena Dutta, istri Aamir yang juga menjabat sebagai produser eksekutif, tak segan-segan menyemprot Aamir karena terlambat. Reena memberi tahu suaminya bahwa perilakunya itu bisa membuat dirinya sulit untuk mengingatkan kru lainnya.

Komentar Anda