15 Fakta Menarik Tentang Film Speed (1994)

Speed adalah film action tahun 1994 yang menampilkan pasangan Keanu Reeves dan Sandra Bullock sebagai pemeran utamanya didampingi Dennis Hopper, Joe Morton, dan Jeff Daniels. Film besutan sutradara rookie Jan de Bont ini memenangkan dua piala Oscar di samping berbagai penghargaan dan pujian lainnya. Speed menghadirkan kisah seru tentang Jack Traven, seorang polisi SWAT Los Angeles yang mendapati bahwa teroris memasang bom di sebuah bus penuh penumpang. Bus itu harus tetap melaju 80 km/jam atau jika tidak bus itu akan meledak. Bagaimana Jack menangani situasi serba pelik ini?

Speed

Berikut hal-hal menarik di balik film ini.

~O~

1. Keuntungan yang didapatkan Speed sangat sensasional. Dengan budget hanya 30 juta dolar AS, film ini menggandakan pendapatannya hingga 11 kali lipat lebih, tepatnya 350,4 juta dolar AS.

2. Dalam test screening Speed, penonton rela berjalan mundur ketika akan pergi ke toilet agar tak ketinggalan banyak adegan. Saat itulah 20th Century Fox yakin bahwa Speed akan menjadi film box office ketika benar-benar dirilis nanti.

3. Sutradara Jan de Bont bersikeras agar Keanu Reeves memotong rambutnya cepak agar sesuai dengan gaya polisi pekerja keras. Namun 20th Century Fox keberatan dengan hal itu, terutama ketika mereka melihat rambut cepak Reeves. Fox bahkan mengancam menunda produksi sampai rambut Reeves tumbuh kembali.

4. Sandra Bullock, pemeran Annie Porter, benar-benar belajar menyetir bus demi film ini. Ia mendapatkan lisensinya hanya dengan sekali ujian.

5. Adegan Keanu Reeves memecahkan kaca pintu bus di awal film adalah ketidaksengajaan, namun dibiarkan tetap ada di film ini.

NEXT

Komentar Anda