15 Fakta Unik Tentang Film Baahubali: The Beginning (2015)

Sebagai salah satu film terlaris di tahun 2015, Baahubali: The Beginning mengusung kisah epos fiktif yang berlatar belakang di India kuno. Dibintangi oleh Prabhas, Rana Daggubati, Tamannaah, dan Anushka Shetty, film ini mengisahkan kehidupan Shivudu yang ketika masih bayi ditemukan oleh Sanga dan suaminya. Ketika dewasa, Shivudu tahu siapa sebenarnya orangtua aslinya dan ia pun tahu apa tujuan hidupnya. Shivudu pun kemudian terlibat dalam konfrontasi besar dengan Bhallala Deva yang perkasa.

Baahubali The Beginning

Berikut beberapa fakta menarik tentang film Baahubali: The Beginning.

1. Baahubali: The Beginning menjadi film India Selatan pertama yang membukukan keuntungan hingga 88 juta dolar AS. Film ini juga menyandang status sebagai film Telugu terlaris sepanjang sejarah.

2. Film yang disutradarai S. S. Rajamouli ini juga menandai kali pertamanya sineas India berkolaborasi dengan prosesor AMD untuk membuat efek visual dan animasi.

3. Pada 22 Juli 2015, film ini memecahkan rekor Guinness World Records untuk poster film terbesar yang pernah dibuat. Ukuran poster yang dibuat saat peluncuran audio di Kochi itu adalah 4.793.65 m². Rekor tersebut kemudian dikalahkan poster film India lainnya, MSG-2 The Messenger.

4. Masa pra-produksi film ini memakan waktu satu tahun, waktu terlama yang dibutuhkan film India dari segala masa. Berbagai tempat yang ditampilkan dalam film ini, seperti istana-istana megah, benteng yang tak bisa ditembus, hingga air terjun yang indah harus dibuat terlebih dahulu.

5. Adegan-adegan di air terjun sebenarnya diambil di air terjun Athirapally. Efek visual ditambahkan untuk membuat air terjun itu tampak lebih nyata dan lebih besar dari aslinya.

6. Tak hanya efek visual yang digarap serius, bahasa pun demikian. Bahasa baru diciptakan secara khusus untuk film ini, yakni bahasa KiliKil yang diucapkan oleh suku Kalakeya. Bahasa ini memiliki 748 kata dengan 40 aturan tata bahasa.

7. Dibutuhkan waktu selama 200 hari untuk membangun lokasi syuting di lahan seluas 8 hektar dengan mempekerjakan 1000 orang setiap harinya.

8. Total pembuatan film ini memakan waktu hampir tiga tahun.

9. Lebih dari 5000 artis junior bekerja selama 200 hari lebih untuk memfilmkan adegan perang di bagian pertama.

10. 20.000 senjata didesain dan dipakai di keseluruhan film ini.

11. Setiap kali ada adegan kekerasan pada hewan ditampilkan, tulisan ‘CGI’ akan muncul di sisi kiri bawah layar. Artinya, adegan itu sebenarnya dibuat dengan efek komputer. Ini adalah imbas dari kebijakan badan sensor film India.

12. Baahubali: The Beginning adalah film terbesar India dan film dengan rilis dunia terbesar dari semua film India, dalam berbagai bahasa.

13. Untuk membuat special effect (VFX) saja, studio mengucurkan dana sebesar 13,42 juta dolar AS.

14. Aktor utama Prabhas harus menaikkan massa ototnya untuk perannya sebagai Baahubali karena bagian itu disyuting terlebih dahulu. Kemudian ia harus menurunkan massa ototnya ketika memerankan Shivudu yang disyuting belakangan.

15. Bayi Baahubali sebenarnya dimainkan oleh seorang bayi perempuan.

Komentar Anda