15 Fakta Unik Tentang Film Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Penggemar berat film Bollywood mustahil tak tahu film romantis yang satu ini, Kuch Kuch Hota Hai. Ya, film yang dibintangi Shah Rukh Khan, Kajol, dan Rani Mukerji ini sangat fenomenal dan populer tak hanya di India, namun di seluruh Asia. Film ini menceritakan kisah cinta segitiga yang terjalin di antara para tokoh utamanya, yakni Rahul, Anjali, dan Tina. Tak cuma romantis, Kuch Kuch Hota Hai dipastikan akan menguras habis airmata para penontonnya karena kisah tragis juga mewarnai film ini.

Gambar Film Kuch Kuch Hota Hai

Apa saja fakta menarik seputar film yang dirilis di tahun 1998 silam ini? Berikut ulasan kami.

1. Lokasi syuting film Kuch Kuch Hota Hai tidak hanya di India, tapi juga di negara Mauritius dan Skotlandia.

2. Rani Mukerji yang memerankan Tina memiliki suara yang agak serak sehingga sang sutradara, Karan Johar, awalnya ingin agar suara Rani di-dubbing. Namun belakangan suara serak Rani justru menjadi ciri khasnya.

3. Ketika memfilmkan adegan bersepeda dalam sebuah lagu, Kajol (pemeran Anjali) sempat kehilangan kendali dan jatuh dari sepeda. Lututnya robek cukup parah. Kajol bahkan sempat tak sadarkan diri selama beberapa menit. Olengnya sepeda Kajol sebenarnya bisa terlihat ketika adegan bersepeda itu akan berakhir.

4. Dalam adegan basket, kita melihat Rahul dan Anjali sama-sama melompat tinggi untuk melemparkan bola ke keranjang. Faktanya, Shah Rukh Khan dan Kajol hanya melompat rendah. Mereka menggunakan trampolin untuk melompat.

5. Aktor Saif Ali Khan dan Chandrachur Singh menolak peran Aman Mehra yang ditawarkan pada mereka. Sebagai gantinya, Salman Khan diminta memerankan karakter kekasih Kajol itu.

6. Karan Johar sempat kesulitan mencari pemeran Tina. Twinkle Khanna, yang sudah diincar Karan, ternyata menolak peran itu, demikian pula dengan sejumlah aktris top lain seperti Aishwarya Rai, Karisma Kapoor, dan lainnya.

7. Meski bersahabat baik, Karan Johar tidak pernah melirik Rani Mukerji untuk memerankan karakter Tina. Namun Rani membaca naskah film ini dan mengatakan pada Karan bahwa ia adalah satu-satunya aktris yang bisa memerankan karakter tersebut.

8. Rani Mukherjee dan Kajol sebenarnya adalah sepupu di kehidupan nyata.

9. Dalam adegan di akhir lagu “Ladki Badi Anjaani Hai,” tampak sari Anjali terbang di udara dan Rahul kemudian sadar bahwa Anjali adalah cinta sejatinya. Adegan itu sebenarnya tidak ada dalam naskah, namun Farah Khan menambahkannya karena menurutnya itu bisa menambah sentuhan manis dalam adegan.

10. Kuch Kuch Hota Hai mampu menyabet puluhan penghargaan, dan catatan paling fenomenal adalah torehan delapan kemenangan dalam ajang besar, Filmfare Awards.

11. Selama pembuatan adegan lagu “Koi Mil Gaya,” Rani sempat kesulitan melakukan gerakan ‘behti hai nigaahe’ karena pakaiannya yang ketat.

12. Aktris cantik Juhi Chawla menolak tawaran untuk memerankan Anjali.

13. Sebelum menyutradari Kuch Kuch Hota Hai, Karan Johar belum pernah sekalipun menyutradari film lain. Ya, film ini adalah film pertamanya.

14. Dengan modal sekitar 1,5 juta dolar AS, film Kuch Kuch Hota Hai sanggup mengemas keuntungan mencapai 16 juta dolar AS.

15. Kuch Kuch Hota Hai menjadi film India pertama yang mampu menembus daftar sepuluh film bioskop terpopuler di Inggris Raya.

Komentar Anda