21+ Lagu K-Pop Terbaik, Terlaris, Terpopuler di Tahun 2017

Tahun 2017 begitu berkesan buat para pecinta K-Pop karena berbagai musisi berlomba merilis karya-karya terbaiknya dari awal hingga akhir tahun. Comeback-comeback paling keren pun terjadi di tahun ini. Tentunya akan susah menentukan lagu mana yang paling bagus karena selera setiap orang berbeda. Tapi jika kalian butuh rekomendasi yang guaranteed, 21 lagu berikut ini (dari total 55 lagu) harus kalian dengarkan.

Lagu KPOP 2017

Sebelum menyimak daftar yang sesungguhnya, kami akan menyebutkan beberapa lagu yang tak kalah bagusnya dan masuk dalam daftar HONORABLE MENTIONS:

# Yezi – “Anck Su Namum” (Yezi sekali lagi membuktikan betapa berbakatnya dia sebagai rapper dan penyanyi)

# Pentagon – “Runaway” (Chorusnya akan bikin kalian jatuh cinta!)

# Seventeen – “Don’t Wanna Cry” (Ini jadi bukti talenta Seventeen sebagai sebuah grup)

# Seventeen – “Highlight” (Ini layak disebut sebagai salah satu lagu terbaik Seventeen)

# Twice – “Signal” (Lagu yang catchy dengan koreografi atraktif khas TWICE)

# Bolbbalgan4 – “Some” (Suara Jiyoung begitu indah dan lagu ini secara keseluruhan begitu sempurna)

# Hyolin x Kisum – “Fruity” (Lagu bop musim panas yang menarik)

# NCT 127 – “Limitless” – (Lagu ini sangat kuat dan tak mudah dilupakan)

# iKON – “Bling Bling” (Sebuah comeback yang solid dari iKON)

# SF9 – “Easy Love” (SF9 sukses memproduksi lagu yang begitu bagus)

# Minzy – “Superwoman” (Minzy membuktikan bahwa solo karirnya akan bersinar terang)

# Girl’s Day – “I’ll Be Yours” (Vokalnya kuat dan chorusnya asyik)

# K.A.R.D – “Rumor” (“Rumor” memberi pengaruh menyenangkan pada pendengarnya)

# K.A.R.D – “Hola Hola” (Lagu ini punya vibe dan melodi yang bagus)

# K.A.R.D – “Don’t Recall” (Segala elemennya terangkai dengan sempurna)

# BTS – “Not Today” (Ini bagaikan lagu wajib untuk ARMY)

# Red Velvet – “Peek-A-Boo” (Terdengar unik dan berbeda dengan nomor-nomor RV lainnya)

# IU – “Palette” ft. G-Dragon (Vokal manis IU berpadu dengan rap brilian GD, kurang apa coba?)

# Loona (Kim Lip) – “Eclipse” (Loona punya banyak lagu bagus tahun ini, “Eclipse” salah satunya)

# Loona (Jinsoul) – “Singing in the Rain” (Mixingnya unik dan memanjakan telinga)

# Jessi – “Gucci” (Jessi sukses mencuri perhatian dengan single ini)

# Samuel – “Sixteen” (Banyak yang terobsesi dengan lagu manis ini)

# Monsta X – “Shine Forever” (Progresi dan mixing vokal dan rap digarap dengan prima)

# Monsta X – “Dramarama” (Lagu yang mengantar Monsta X meraih kemenangan pertama di acara musik)

# Block B – “Shall We Dance” (Kreativitas Block B sekali lagi terbukti dengan tembang satu ini)

# Wanna One – “Beautiful” (Sesuai judulnya, lagu ini benar-benar beautiful)

# Taeyeon – “Fine” (Lagu Taeyeon selalu menunjukkan kekuatan vokalnya yang dahsyat)

# Taeyang – “Darling” (Taeyang tahu betul bagaimana cara membuat lagu yang enak)

# Dreamcatcher – “Chase Me” (Lagu debut yang powerful dan sangat berbeda dengan lagu-lagu girlband lain)

# GOT7 – “Never Ever” (Campuran mematikan dari EDM dan vokal hebat GOT7)

# The Rose – “Sorry” (Mereka yang tak suka musik rock pun akan suka dengan lagu ini)

# Playback – “Want You To Say” (Lagu musim panas yang perfect)

# Subin – “Circle’s Dream” (Subin membuat kejutan dengan merilis lagu yang punya melodi rileks ini)

# Nu’est W – “Where You At” (Nu’est menang di acara musik pertamanya berkat “Where You At”)

Dan inilah daftar lengkap 21 lagu K-Pop terbaik dari tahun 2017. Check these out!

21. Monsta X – Beautiful

Untuk memulai daftar ini, ada lagu comeback Monsta X di tahun 2017 yang keren abis. Lagu ini punya bagian rap yang luar biasa dan vokalnya juga tak kalah bagusnya. Monsta X berhasil mencuri start karena lagu ini adalah masterpiece dan video klipnya begitu artistik.

20. TWICE – Likey

Tak diragukan lagi TWICE adalah girlband terbaik di tahun 2017. Mereka melakukan beberapa comeback dan merilis banyak lagu. Untuk “Likey,” melodi, lirik, dan dancenya begitu catchy. Siapapun yang mendengarnya pasti akan ikut bersenandung dan menyanyikannya di sepanjang waktu.

19. Taemin – Move

Taemin memberi kita musik yang amazing dengan lagu “Move.” Maknae SHINee ini akan membuat jatuh cinta orang yang sedang mendengarkannya. Taemin paham betul cara menyempurnakan musiknya. Jangan lewatkan pula video klipnya yang intens dan atraktif.

18. B.A.P – Wake Me Up

B.A.P tak pernah gagal memikat pendengarnya dengan suara yang unik dan MV yang kreatif. Dan lagu ini bukanlah pengecualian. “Wake Me Up” diproduksi dengan prima. Melodi dan vokal/rapnya menyatu dengan sempurna. Produksi musiknya begitu masif dan brilian.

17. Super Junior – Black Suit

Super Junior membuktikan tahun ini bahwa mereka belum habis dan masih ada di puncak industri. “Black Suit” dimulai dengan kuat tapi perlahan, kemudian akan rileks dengan pre-chorus, dan segera memukul lagi dengan chorus yang sangat enak didengarkan.

16. G-Dragon – Untitled, 2014

Raja K-Pop kembali lagi. Musik balada melodik yang indah dari G-Dragon tak disangka sangat menyenangkan untuk didengar. Melodi lagu ini sangat simpel namun efektif. Suara G-Dragon kali ini terdengar begitu innocent dan pure, berbeda dengan imejnya selama ini.

15. Girls’ Generation – All Night

Dari comeback SNSD yang telah lama dinanti, lagu ini disebut lebih bagus dari “Holiday.” Ada vibe disko dan old-school di dalamnya dan synthnya terdengar luar biasa. Lagu ini akan membawa kenangan kita pada masa kajayaan SNSD dan membuat kita ingin ikut ngedance.

14. Wanna One – Energetic

Debut Wanna One bukanlah sebuah hype karena jebolan Produce 101 ini tampil begitu epic di gebrakan awal mereka. “Energetic” adalah jenis lagu yang bisa kalian dengarkan di sepanjang hari. Tunenya manis, beatnya catchy, vokal dan rapnya fantastis. Tambahkan dance yang atraktif, maka ini akan jadi combo yang sempurna.

13. Stray Kids – Hellevator

Tak disangka-sangka lagu satu ini ternyata amat enak didengarkan. Stray Kids hanya butuh sedikit waktu lagi untuk melesat karena para membernya yang berbakat. “Hellevator” adalah lagu brilian yang mampu memamerkan talenta seluruh member. Tak sabar menunggu grup ini debut!

12. Red Velvet – Red Flavor

Ini adalah lagu summer bop yang fresh dan melodik. “Red Flavor” harus ada di playlist kalian karena ini sangat addicting. Bagian Wendy menjadi favorit banyak pendengar. Video klipnya juga refreshing dan mengandung getaran musim panas yang menunjang lagu ini dengan baik.

11. BTS – DNA

Bagaimana mungkin karya bagus dari BTS tak masuk daftar? Faktanya lagu “DNA” sukses melampaui ekspektasi ARMY yang lama menunggu comeback BTS. Chorus yang kreatif menunjukkan betapa keras usaha para member dalam menciptakannya. Dan sekali lagi kita bisa mendengar Jungkook ngerap

10. JBJ – Fantasy

Keenam member berbakat JBJ sudah diincar pecinta K-Pop sejak zaman Produce 101. Ekspektasi tinggi pada mereka terbayar lunas. “Fantasy” bisa dianggap sebagai salah satu lagu debut terbaik di tahun 2017. Mixingnya begitu sempurna dan semua elemen lagu menyatu dengan baik.

9. I.O.I – Downpour

I.O.I bubar di awal tahun, tapi mereka sudah meninggalkan kita dengan beberapa karya mutakhir, salah satunya lagu “Downpour.” Melodinya tersinkronisasi secara apik dengan suara para member. Lagu ini cocok untuk menandai perpisahan I.O.I dari kancah K-Pop.

8. EXO – Ko Ko Bop

Ini adalah comeback lainnya yang sangat ditunggu. Awalnya bagian dance yang panjang tidak terlalu ‘klop’ dengan lagu ini, tapi setelah didengar berkali-kali, komposisi itu terdengar begitu tepat. Ini adalah keputusan cerdas dari EXO untuk memasukkan bagian dance itu pada lagu.

7. AKMU – Dinosaur

Lagu ini adalah karya yang sempurna dari para musisi yang tahu selera musik. Cara Chanhyuk dan Soohyun saling melengkapi suara satu sama lain terdengar begitu pro. Bagi kalian yang ingin mendengar salah satu lagu co-ed terbaik, “Dinosaur” adalah pilihan yang sangat direkomendasikan.

6. Winner – Really Really

“Really Really” adalah sebuah lagu manis yang punya vibe dan beat tropis yang menjadikannya lagu musim panas terbaik. Lagu ini seharusnya mendapat lebih banyak perhatian dari yang didapatnya sekarang. Winner pantas berbangga karena lagu satu ini bisa disebut sebagai masterpiece.

5. Sunmi – Gashina

Ini adalah lagu bop yang akan membuat pendengarnya speechless ketika pertama kali mendengarkannya. Banyak orang menjadikannya sebagai lagu paling favorit di tahun 2017. Ini juga masterpiece yang wajib didengarkan karena suara Sunmi begitu manis dan catchy.

4. BLACKPINK – As If It’s Your Last

Segala sesuatunya terdengar perfect di lagu ini. Bagian rap Lisa seperti biasa terdengar amazing dan member lain tampil all out di bagian vokal. Ini terasa seperti lagu throwback debut BLACKPINK. Girlband satu ini akan menghadirkan lebih banyak kejutan pada 2018 nanti.

3. 2NE1 – Goodbye

Lagu yang emosional. Pertama lagu ini amat dinanti karena menjadi rilisan pertama 2NE1 dalam 2,5 tahun terakhir. Tapi di sisi lain lagu ini juga amat pedih karena menjadi lagu perpisahan grup legendaris itu. Suara gitar akustik dan para member akan menyayat hati fans setia 2NE1 di mana pun mereka berada.

2. EXID – DDD

“DDD” layak disebut sebagai lagu bop terbaik tahun 2017. Dengan cepat lagu ini akan membuat setiap pendengarnya kecanduan dan semakin menyukai EXID. Walau didengarkan berkali-kali, sentuhan vokal para member EXID akan tetap membekas di ingatan dan tak akan terdengar menjenuhkan.

1. BTS – Spring Day

Well, lagu terbaik dari tahun 2017 pantas disematkan pada “Spring Day” dari supergrup BTS. Suka tak suka, lagu ini penuh emosi, melodi dan liriknya saling melengkapi dengan baik. Jangan tanyakan soal koreografinya yang pastinya sangat atraktif dan cocok dengan lagunya. BTS paham bagaimana cara membuat sebuah lagu yang spesial.

Komentarmu