23 Drama Jepang Paling Populer Sepanjang Masa

Serial drama Jepang alias dorama sudah eksis sejak lama, kira-kira sama lamanya dengan drama-drama dari negeri seberang, seperti Taiwan, Korea, dan China. Eksistensi dan popularias drama Jepang tak bisa dipandang sebelah mata, karena nyatanya penikmat setianya terus bertambah dari waktu ke waktu. Tak cuma menawarkan aktor-aktor rupawan, drama Jepang juga kaya dengan cerita berbumbu roman, laga, fantasi, thriller, bahkan horor. Kreatifitas yang tak pernah memudar dari para sineas Jepang telah membuat dorama tak pernah kehabisan energi untuk terus menciptakan sesuatu yang baru. Dan inilah suguhan 23 dorama Jepang terbaik dan terpopuler sepanjang masa yang bisa Anda nikmati.

drama-jepang-terbaik

LINE DRAMA

1. Hana Yori Dango

hana-yori-dango

Judulnya tak pernah asing, bukan? Hana Yori Dango adalah cerita tentang F4 yang begitu berpengaruh di Asia. Berakar asli dari manga Jepang, drama ini adalah kisah tentang seorang gadis miskin yang memasuki sekolah elit yang dikuasai oleh F4, alias kelompok siswa tampan, tajir, arogan, dan berkuasa. Mereka adalah anak dari para konglomerat berpengaruh. Gadis itu, Makino Tsukushi, harus menghadapi para pria arogan itu, sebelum cinta mulai membelit di antara mereka.

2. Nobuta wo Produce

nobuta-wo-produce

Tokoh sentral drama SMA ini adalah Shuji Kiritani, murid terpopuler di sekolahnya. Tak cuma tenar, Shuji juga bisa bergaul dengan berbagai murid lain, mulai dari murid nakal, aneh, hingga kutu buku. Namun hanya ada satu orang yang membuat Shuji bertingkah lain, yakni Kusano Akira. Bagi Shuji, Akira adalah orang yang menyebalkan. Hari-hari mereka kian menarik ketika datang seorang gadis kurang percaya diri bernama Kotani Nobuko yang kerap diledek dan dibully di sekolahnya.

3. Hanazakari no Kimitachi e

for-you-in-full-blossom

Juga dikenal dengan judul For You in Full Blossom, drama ini memuat cerita kocak tentang sekolah khusus pria yang disusupi oleh murid perempuan yang menyamar menjadi pria. Dia adalah Ashiya Mizuki, gadis Jepang yang pulang dari Amerika dan jatuh cinta pada atlet remaja bernama Sano Izumi. Sano harus ‘pensiun’ karena cedera, dan demi membuat idolanya beraksi kembali, Ashiya rela mengikutinya ke Jepang dan menyusup ke sekolah yang sama dengannya sebagai pria!

4. 1 Litre no Namida

1-litre-of-tears

Diangkat dari kisah nyata, drama ini berkisah tentang seorang gadis bernama Ikeuchi Aya yang menderita penyakit yang tak bisa disembuhkan. Penyakit Aya berhubungan dengan degenerasi otak kecil yang membuatnya secara perlahan kehilangan kemampuan untuk berjalan, berbicara, menulis, atau makan. Ironisnya, penyakit jahat ini tidak mempengaruhi pikiran penderitanya. Ketika diberi tahu tentang penyakitnya itu, Ara tetap tegar dan berkata bahwa dirinya hanya “ingin hidup.”

5. Densha Otoko

densha-otoko

Diadaptasi dari buku best-seller, Train Man, drama ini menuturkan kisah cinta antara seorang pria culun dengan seorang wanita cantik. Wanita itu adalah Saori Aoyama, karyawati sebuah perusahaan asing di Tokyo. Suatu hari, ia diganggu pria mabuk di kereta api. Dan saat itu, seorang pria muda yang terlihat lemah berdiri dan meminta pria mabuk itu menghentikan tindakannya. Kejadian kecil itu ternyata mengubah hidup Saori selamanya karena ia terkesan dengan tindakan pria itu.

6. My Boss My Hero

my-boss-my-hero

Drama komedi ini mengisahkan pemuda berumur 27 tahun yang drop out dari SMA-nya, Sakaki Makio alias Tornado. Meski jelas-jelas dungu, ayah Makio memaksanya untuk kembali sekolah dan mendapatkan gelar diploma; jika tidak mau atau gagal lulus, maka jabatan bos akan dilemparkan pada adiknya, Mikio. Lewat bantuan teman lama yang kini sudah jadi kepala sekolah, Makio bisa masuk SMA lagi dengan penyamaran penuh. Makio harus tetap tenang dan menjaga agar kedoknya tak terbongkar.

7. Long Vacation

long-vacation

Long Vacation adalah salah satu J-drama paling populer sampai saat ini. Ceritanya berkisar pada Hidetoshi Sena, seorang sarjana yang begitu berhasrat menjadi piano kelas dunia. Sehari-hari Sena mengajar piano di sebuah sekolah piano lokal. Di satu sisi ada sosok model yang tak terlalu populer, Hayama Minami. Di hari pernikahannya, Minami dicampakkan oleh kekasihnya, yang ternyata adalah teman Sena. Sadar tak punya uang atau tempat untuk dituju, Minami pun memutuskan tinggal bersama Sena.

8. Proposal Daisakusen

proposal-daisakusen

Roman satu ini menceritakan sepasang sahabat lama. Mereka adalah Iwase Ken dan Yoshida Rei. Sebagai pemuda keras kepala, Iwase tak punya keahlian apa-apa soal asmara. Ia sudah lama memendam perasaan pada sahabatnya, Yoshida, meski gadis periang itu kini akan segera menikah. Di hari pernikahan Yoshida, sesuatu keajaiban terjadi. Seorang peri tiba-tiba muncul dan mengirim Iwase kembali ke masa lalu untuk memberinya kesempatan kedua menyatakan cinta pada Yoshida. Tapi bisakah ia melakukannya?

9. Buzzer Beat

buzzer-beat

Karakter utama drama ini adalah Kamiya Naoki, seorang pebasket muda yang bergabung dengan sebuah tim profesional. Sayangnya, karena postur tubuhnya yang relatif pendek dan kelemahan mentalnya yang tak kuat berada dalam tekanan, Naoki kesulitan untuk memamerkan kemampuan aslinya. Lewat sebuah kejadian, Naoki bertemu dengan Shirakawa Riko, sarjana musik yang berhasrat menjadi seorang pebiola. Hubungan pertemanan mereka berubah menjadi asmara, meski jalan mereka tak semudah yang disangka.

10. Last Cinderella

last-cinderella

Drama ini memotret kisah wanita single yang sudah berumur 39 tahun, Toyama Sakura. Karena lama hidup tanpa kekasih, Sakura mulai merasakan dirinya menjadi makin maskulin. Lewat sebuah kejadian yang agak mirip dengan dongeng Cinderella, Sakura bertemu dengan pria muda nan tampan, Saeki Hiroto, hingga jatuh cinta padanya. Kisah keduanya akan berkelindan dengan kisah asmara teman-teman mereka, yaitu Miki, Shima, Chiyoko, serta Rintaro. Roman komedi  modern ini pasti akan membuat Anda tersenyum.

11. Tokyo DOGS

tokyo-dogs

Drama kepolisian bernuansa dendam ini menceritakan bagaimana Takakura So menyaksikan ayahnya dibunuh ketika ia masih kecil. Dengan hasrat menangkap si pelaku, ketika dewasa Takakura pun menjadi polisi elit di New York City, kota yang dipenuhi para kriminal. Namun karena melakukan kesalahan ketika bertugas, Takakura pun dikirim ke Jepang untuk ditugaskan bersama detektif dari divisi investigatif, Kudo Maruo. Meski berbeda karakter, keduanya tetap bekerja sama memecahkan kasus kejahatan.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA —> Last Friends

Komentarmu