30 Fakta Seru Tentang Bruce Lee, Legenda Film Laga

Bruce Lee adalah legenda film-film laga yang menjadi ikon serta figur kunci film bela diri. Lahir dengan nama Lee Jun-fan pada 27 November 1940 di Shunde, Guangdong, China, Bruce Lee merupakan sosok aktor laga, instruktur bela diri, filsuf, sineas, serta pendiri aliran bela diri Jeet Kune Do. Film dan penampilan Bruce Lee memberi banyak pengaruh, tidak hanya pada dunia perfilman, tapi juga pada seluruh industri hiburan, kultur pop, serta seni bela diri. Sayang, Bruce Lee meninggalkan kita begitu cepat, yakni pada usia 32 tahun karena cerebral edema.

Foto Bruce Lee 1

Berikut kumpulan fakta menarik tentang sosok legendaris ini

~O~

1. Bruce Lee dikenal suka bertarung tanpa mengenakan baju atasan.

2. Banyak ciri khas Bruce Lee ketika berkelahi. Ia suka mengeluarkan suara-suara binatang untuk membuat bingung musuhnya dan memfokuskan diri pada kekuatannya sendiri.

3. Seringkali dalam setiap adegan pertarungan Bruce Lee terlihat terluka. Ia kemudian bangkit dengan tegak, menjilat darahnya sendiri, lalu mulai menghabisi lawan-lawannya dengan teknik bela dirinya yang cepat dan keras.

4. Bruce Lee mempunyai dua orang anak, Brandon Lee dan Shannon Lee. Sayang, Brandon tewas di usia muda seperti dirinya ketika ia syuting film The Crow (1994).

5. Berbagai kalangan, mulai dari kritikus, komentator, media, ahli bela diri, serta masyarakat umum sepakat menyebut Bruce Lee sebagai seniman dan aktor bela diri terbesar sepanjang masa.

6. Salah satu jasa terbesar Bruce Lee yang tetap dikenang sampai kini adalah membantu mengubah citra orang-orang Asia di film-film barat.

7. Orang yang mengenalkan Bruce Lee pada dunia film adalah ayahnya yang merupakan bintang opera Kanton. Lee kemudian mengawali karirnya sebagai aktor cilik di beberapa film.

8. Menurut zodiak China, Bruce Lee lahir di jam dan tahun Naga, sebuah hal yang sangat jarang terjadi.

9. Sebagai petarung kenamaan di Hong Kong, pria bertinggi badan 171 cm ini mendapat pelatihan formal dari legenda Wing Chun, Yip Man.

10. Di sepanjang karirnya, Bruce Lee kerap mendapat tantangan duel dari pemain figuran hingga petarung lainnya yang ingin mencari ketenaran dengan mengalahkannya.

NEXT

Komentar Anda