4 Aktor Asia yang Pernah Memenangkan Piala Oscar

Bagi aktor Asia, bisa bermain di film Hollywood saja sudah merupakan prestasi besar, apalagi sampai bisa menyabet penghargaan perfilman tertinggi, Academy Awards alias Oscar. Selama bertahun-tahun, kiprah aktor dan sineas asal Asia sudah sangat diperhitungkan. Banyak karya-karya film mereka yang sangat diapresiasi di dunia barat, terutama jika menyangkut genre drama, laga, dan horor. Sampai kini, telah banyak aktor, sutradara, penulis naskah, serta film Asia yang mendapat nominasi Oscar. Soal aktor, di sepanjang sejarah hanya empat nama inilah yang pernah menggenggam piala Oscar sejauh ini.


Yul Brynner

Foto Yul Brynner

Yul Brynner lahir dengan nama Yuly Borisovich Briner. Ia lahir di Rusia, tepatnya di kota Vladivostok, namun ia adalah keturunan orang Mongol dan Buryat. Ia sering disebut sebagai orang Asia pertama yang mendapat Oscar, meski klaim itu masih debatable karena ia lahir di Rusia. Yul mendapatnya berkat peran sebagai Raja Mongkut dari Siam dalam film The King and I di tahun 1956.

Miyoshi Umeki

Foto Miyoshi Umeki

Miyoshi Umeki adalah aktor Asia pertama yang meraih Oscar. Ia lahir di Otaru, Hokkaido, Jepang, pada 8 Mei 1929. Umeki memenangkan Oscar sebagai Pemeran Pendukung Terbaik dalam film Sayonara di tahun 1957. Di sepanjang karirnya, Umeki hanya bermain dalam tujuh film, namun ia tiga kali dinominasikan meraih Golden Globe serta sekali dinominasikan meraih Tony Award.

Haing S. Ngor

Foto Haing S. Ngor

Haing S. Ngor adalah aktor asal Samrong Yong, Kamboja, yang meraih piala Oscar kategori Pemeran Pendukung Terbaik lewat peran sebagai Dith Pran dalam film debutnya, The Killing Fields, di tahun 1984. Ngor pun juga meraih Golden Globe Award dan dua gelar dari BAFTA Award dari film yang sama. Ngor dan Harold Russell adalah satu-satunya aktor non profesional yang mampu meraih Oscar.

Ben Kingsley

Foto Ben Kingsley

Aktor istimewa ini lahir dengan nama Krishna Bhanji di Inggris. Ayah Kingsley adalah orang Gujarat India yang lahir di Kenya, sedangkan ibunya orang Inggris. Karena itulah, Kingsley (serta Yul Brynner) tetap dianggap sebagai orang Asia yang mampu meraih Oscar. Kingsley menyabetnya lewat film Gandhi di tahun 1982, dan meraih nominasi Oscar lewat film Bugsy, Sexy Beast, serta House of Sand and Fog.

Komentar Anda