5 Fakta Unik Tentang Film Raju Ban Gaya Gentleman (1992)

Raju Ban Gaya Gentleman adalah film komedi Bollywood yang dirilis pada tahun 1992 dengan menghadirkan bintang-bintang utama seperti Shah Rukh Khan, Juhi Chawla, Nana Patekar, serta Amrita Singh. Film yang diarahkan oleh Aziz Mirza ini menceritakan seorang insinyur muda bernama Raj Mathur asal Darjeeling yang pergi ke Bombay dengan satu ambisi, yakni untuk menjadi insinyur besar. Tanpa pengalaman dan koneksi di Bombay, Raj menemui banyak tantangan baru hingga suatu hari ia bertemu seorang gadis cantik bernama Renu, yang mencarikannya pekerjaan sekaligus memberinya cinta.

Raju Ban Gaya Gentleman

Berikut sejumlah fakta tentang Raju Ban Gaya Gentleman.

1. Raju Ban Gaya Gentleman adalah film pertama Shah Rukh Khan yang juga dirilis di bioskop Kanada. Negara ini berhenti menayangkan film-film India sejak tahun 1982, menjadikan Raju Ban Gaya Gentleman film India pertama yang mampu menembus bioskop Kanada setelah satu dekade.

2. Judul awal film berdurasi 2 jam 32 menit ini adalah Aasman Se Aagey.

3. Film ini terinspirasi dari film Raj Kapoor tahun 1955 berjudul Shree 420.

4. Aziz Mirza dan Manoj Lalwani berhasil memenangkan penghargaan Skenario Terbaik di ajang Filmfare Awards, sementara Nana Patekar dinominasikan menjadi Aktor Pendukung Terbaik di ajang yang sama.

5. Film ini menjadi yang pertama menduetkan Shah Rukh Khan dengan Juhi Chawla, menandai duet panjang mereka di banyak film selama bertahun-tahun.

Komentar Anda