5 Hal yang Perlu Diingat Sebelum Backpacking ke Thailand

Jajanan Thailand
Street food Thailand

Bukan hal yang mengherankan bila orang berbondong-bondong mengunjungi Thailand di musim liburan. Negara di Asia Tenggara ini dikenal punya pantai-pantai yang indah, kuli-kuil yang megah, serta wisata kuliner dan belanja yang asyik. Agar makin asyik, banyak orang memilih jalan backpacking ke Negeri Gajah Putih, alih-alih menggunakan jasa traveling atau mengikuti open trip. Selain lebih hemat, backpacking jelas lebih santai dan leluasa.

Jajanan Thailand

Street food Thailand

So, apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum berlibur di Thailand?

1. Masa berlaku paspor

Masa berlaku paspor adalah hal paling pertama dan mendasar yang harus diketahui oleh siapapun yang akan backpacking ke luar negeri. Batas masa berlaku paspor harus lebih dari enam bulan, sebab jika tidak, kamu sudah pasti tidak boleh bepergian ke luar negeri. Asyiknya, Thailand memberlakukan kebijakan bebas visa untuk berbagai negara, termasuk Indonesia. Nah, jika kamu punya paspor yang masa berlakunya masih panjang, Thailand bisa dijadikan destinasi tunggal untuk holidaymu.

2. Hunting tiket pesawat dan hotel murah

Karena backpacking kita lakukan sendiri, maka segala halnya pun harus kita persiapkan sendiri, termasuk bagian yang paling seru ini: hunting promo tiket pesawat dan booking hotel berharga miring. Jangan sampai budget liburanmu habis hanya untuk dua hal ini, karena itulah kamu harus pintar dan telaten dalam memilih pesawat dan penginapan. Percayakan urusan penginapan pada sejumlah aplikasi terpercaya seperti Traveloka, dan hunting tiket pesawat murah di berbagai situs online terkemuka.

Baca Juga:  Tips Berlibur dengan Kereta Ekonomi Jarak Jauh

3. Packing ala Thailand

Packing untuk ke Thailand tentu berbeda dengan packing ke Selandia Baru, misalnya. Sebab, seperti Indonesia, Thailand juga beriklim panas dan tropis. Bawa pakaian yang sesuai, seperti kaus oblong, celana pendek, sandal jepit, topi, dan kacamata hitam agar jalan-jalan di sana makin menyenangkan. Bagi yang tak ingin sinar mentari merusak kulit, siapkan sunblock dan lotion. Dan jangan lupa, selalu bawa serta obat-obatan dan uang tunai secukupnya.

4. Rencana perjalanan yang efisien

Kamu pasti tahu Thailand punya segudang obyek wisata yang aduhai, dan rasanya tak mungkin tempat-tempat itu dikunjungi sekaligus. Karena itu, buatlah jadwal atau rencana yang pas sesuai alokasi waktu dan budgetmu. Jika harus melist tempat-tempat yang oke, maka Phuket, Pattaya, Ko Samui, Grand Palace, dan Museum Madame Tussauds ada di daftar teratas. Jangan sampai tidak mengunjungi situs-situs keren itu ya.

5. Kuliner, street food!

Street food Thailand sudah mendunia, dan inilah salah satu tujuan orang bepergian ke sana. Harga yang ditawarkan sangat ramah bagi backpacker. Aneka makanan lezat tersaji, mulai dari kaki lima sampai restoran, so tinggal pilih saja. Jika bingung harus ke mana, datangi saja pusat kuliner keren berikut ini: Wang Lang Market, Petchaburi Soi 5, Banglamphu, Ratchawat Market, dan Silom Soi 20. Dijamin nggak akan menyesal!

Baca Juga:  Boston, Salah Satu Kota Amerika Paling Bersejarah

Be the first to comment on "5 Hal yang Perlu Diingat Sebelum Backpacking ke Thailand"

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.