6 Jenis Kopi Unggulan dari Berbagai Wilayah di Indonesia

Kopi Mandailing

Kultur ngopi di Indonesia memang sangat kuat. Rasanya tak asyik kalau pagi hari tak ngopi. Acara nongkrong juga kurang seru tanpa kopi. Kopi dinikmati oleh semua kalangan, tak peduli itu remaja atau manula. Terlepas dari perdebatan tentang nilai kesehatan kopi, minuman hitam ini tak bisa dipungkiri telah mendapat tempat tersendiri di hati orang Indonesia.

Nah bicara soal kopi, ada enam jenis kopi Nusantara yang paling unik dan layak dicoba. Mau tahu?

1. Kopi Gayo, Aceh

Kopi Gayo

Kopi Gayo tak hanya kondang di Indonesia, tapi di luar negeri kopi ini juga jadi primadona. Kopi Gayo terkenal karena rasanya yang tak konsisten alias berubah-ubah; kadang sangat pahit, kadang ada asamnya. Kenapa bisa demikian? Penjelasannya sederhana, kopi Gayo ditanam di daerah yang ketinggiannya berbeda satu dengan yang lainnya. Nah di beberapa tempat, kopi ini biasa disajikan dengan wine lho!

2. Kopi Palintang, Jawa Barat

Kopi Palintang

Kopi Palintang dari Jawa Barat baru dipopulerkan pada tahun 1999 silam, jadi kopi Arabika ini termasuk komoditas baru. Kopi satu ini bercirikan rasanya yang pahit, asam, dan beraroma vanila. Kopi Palintang ternyata sudah diminati di kawasan Eropa karena keunikannya itu. Dan kopi ini siap bersaing dengan kopi unggulan Jawa Barat lainnya, seperti Puntang, Malabar, dan Pangalengan.

3. Kopi Benteng Alla Utara, Sulawesi Selatan

Baca Juga:  Kisah James Naismith dan Penemuan Olahraga Basket

Kopi Benteng Alla Utara

Sulawesi Selatan tak hanya punya kopi Toraja. Ada pula kopi Benteng Alla Utara yang dibudidayakan di daerah Enrekang. Kopi ini beraroma pedas, manis, dan kokoa ketika masih berbentuk bubuk. Tapi bila sudah diseduh, aroma manis bak gula merah akan menyebar. Mau coba?

4. Kopi Mandailing, Sumatera Utara

Kopi Mandailing

Kopi Mandailing memang belum setenar kopi Gayo atau kopi dari wilayah Sumatera Utara lainnya seperti Sidikalang dan Lintong. Namun sebenarnya kopi beraroma buah dengan rasa agak manis ini sudah dikembangkan sejak zaman kolonial. Jenis kopi Mandailing cukup banyak, tergantung pada perbedaan iklim dan pengolahan pasca panennya. Popularitas kopi ini secara perlahan mulai naik.

5. Kopi Manggarai, Flores

Kopi Manggarai

Pecinta kopi light pasti suka dengan kopi Manggarai dari Flores. Kopi beraroma kokoa ini memiliki dua varian, yaitu robusta dan arabika, semuanya adalah jenis kopi ringan. Pada tahun 2015, Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember menobatkan kopi Manggarai sebagai kopi terbaik se-Indonesia.

6. Kopi Lanang, Jawa Timur

Kopi Lanang

Nah terakhir yang kami bahas adalah kopi lanang dari Jawa Timur. Disebut kopi lanang karena rasa dan aromanya memang sangat laki (lanang=laki) alias sangat kuat dan kafeinnya tinggi. Kopi lanang yang dikembangkan di Perkebunan Malangsari, Kalibaru, Banyuwangi ini juga dipercaya bisa menjadi obat kuat untuk laki-laki.

Baca Juga:  20 Drama Korea TVN Terbaik di Sepanjang 2018 (Lengkap)

Nah, sudah pernah mencoba kopi-kopi di atas?

Be the first to comment on "6 Jenis Kopi Unggulan dari Berbagai Wilayah di Indonesia"

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.