7 Fakta Menarik di Balik Film Fiza (2000)

Fiza adalah film drama kriminal laga Bollywood yang ditulis sekaligus disutradarai Khalid Mohammed. Sesuai judulnya, film ini mengisahkan Fiza, yang adik laki-lakinya, Amaan, menghilang saat terjadi kerusuhan Bombay tahun 1993. Fiza dan ibunya, Nishatbi, sangat berharap bisa bertemu dengan Amaan suatu hari nanti. Tahun demi tahun berlalu, kabar tentang Amaan tak kunjung jelas. Fiza pun berinisiatif melakukan pencarian Amaan sendiri menggunakan apapun yang ia bisa, mulai dari media, hukum, hingga politisi. Ketika Fiza akhirnya bisa menemukan Amaan, ia sangat terkejut, sebab saudaranya itu kini telah bergabung dengan kelompok teroris. Berikut sejumlah fakta unik film yang dibintangi Hrithik Roshan, Karisma Kapoor, serta Jaya Bachchan ini.

Fiza

1. Secara kritis, Fiza mendapat pengakuan meski tak sukses besar di box office. Dikategorikan sebagai semi-hit, film ini mengumpulkan 320 juta rupee dari budget 50 juta rupee.

2. Di ajang Filmfare Awards, dua penghargaan diraih oleh Karisma Kapoor dan Jaya Bachchan, masing-masing sebagai Aktris Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik.

3. Awalnya Amitabh Bachchan dan Shah Rukh Khan dijadwalkan tampil cameo, tapi ide itu dibatalkan agar durasi film tak kepanjangan.

4. Adegan Johnny Lever memparodikan Shah Rukh Khan saat Hrithik Roshan berdiri di sampingnya sambil tersenyum adalah lelucon yang merujuk pada perang soft drink antara dua bintang ini. Hrithik mendukung Coke, sedangkan SRK Pepsi. Sebuah iklan Pepsi pernah membuat lelucon tentang Hrithik yang memicu kemarahan di kalangan penggemarnya dan dilaporkan secara luas di media.

5. Khalid Mohammed sebenarnya ingin Ram Gopal Varma menyutradarai film ini ketika ia selesai menulis skenario, namun akhirnya Khalid sendiri yang menyutradarainya.

6. Urmila Matondka awalnya dikontrak untuk memerankan Fiza, tapi ia mundur dan digantikan Karisma Kapoor.

7. Meski Hrithik Roshan berperan sebagai adik Karisma Kapoor di film ini, di dunia nyata ia sebenarnya lima bulan lebih tua dari Karisma.

Komentar Anda