7 Fakta Menarik Tentang Sosok Andy Lau

Andy Lau adalah salah satu aktor terbesar Asia yang telah tampil dalam lebih dari 160 film dan meraih ratusan penghargaan sejak pertengahan 80-an. Bintang laga dan drama Hong Kong ini lahir pada tanggal 27 September 1961 di Tai Po, Hong Kong. Selain aktor, Andy juga berprofesi sebagai penyanyi, penulis lagu, presenter, dan produser film. Beberapa film terpopulernya antara lain Infernal Affairs, House of Flying Daggers, The Warlords, dan A Simple Life.

Foto Andy Lau

Berikut 7 fakta tentang Andy Lau yang perlu Anda tahu.

1. Andy Lau adalah satu dari empat selebriti yang masuk dalam jajaran “Empat Raja” dunia hiburan Hong Kong bersama Jacky Cheung, Aaron Kwok, dan Leon Lai. Di era 90-an, mereka mendominasi dunia hiburan di seluruh wilayah berbahasa Mandarin dan mereka juga punya karir menyanyi dan akting yang sama-sama suksesnya.

2. Andy mencatatkan namanya dalam Guinness World Records sebagai artis pria Cantopop dengan jumlah penghargaan terbanyak. Hingga tahun 2000 saja, pria yang punya nama asli Lau Tak-wah ini sudah mengoleksi 292 penghargaan.

3. Lahir di Tai Po, Andy berasal dari kaluarga sederhana. Semasa kecil, ia harus bolak-balik mengisi air untuk keluarganya sebanyak delapan kali sehari karena mereka tak punya saluran air.

4. Meski dikenal sebagai aktor layar lebar, Andy mengawali karirnya sebagai aktor TV. Ia bergabung dalam program pelatihan artis yang diberikan TVB pada tahun 1981.

5. Andy kini telah menjadi sosok aktor besar yang sudah teruji waktu, tapi di awal karirnya ia dipandang orang karena ketampanannya semata. Orang-orang menyebutnya idol, tapi Andy mengklaim dirinya adalah seniman.

6. Di tahun 2005, Andy diberi penghargaan sebagai aktor box office Hong Kong no.1 dari tahun 1985 sampai 2005, dengan pendapatan total mencapai 1,7 milyar dolar Hong Kong dari 108 film yang dibintanginya selama 20 tahun. Ia mengungguli Stephen Chow dan Jackie Chan.

7. Di sepanjang 30 tahun karirnya, Andy dikenal sangat aktif dalam kegiatan amal. Karena aktivitas filantropisnya, ia mendapat banyak penghargaan dari pemerintah hingga universitas.

Komentar Anda