7 Fakta Unik di Balik Film Dhobi Ghat (2011)

Dhobi Ghat adalah film Aamir Khan bergenre drama yang disutradarai oleh istrinya sendiri, Kiran Rao, yang berstatus sebagai debutan. Film Bollywood yang juga menampilkan Prateik Babbar, Monica Dogra, serta Kriti Malhotra ini menceritakan kehidupan empat orang berbeda di kota Mumbai yang kisahnya terjalin oleh nasib dan keberuntungan. Mereka adalah seorang tukang cuci yang bermimpi jadi artis, bankir yang hobi fotografi, pelukis yang haus inspirasi, serta imigran yang menjurnal pengalamannya lewat video. Film ini akan menjabarkan bagaimana kehidupan mereka berubah dengan kehadiran satu sama lain. Berikut sejumlah fakta menarik Dhobi Ghat.

Dhobi Ghat

1. Popularitas Aamir Khan begitu luar biasa hingga ia dan istrinya tidak bisa keluar masuk rumah yang jadi lokasi syuting dengan leluasa. Mereka terpaksa tinggal di rumah yang sama untuk keseluruhan durasi syuting.

2. Aamir Khan biasanya memerankan pria yang umurnya separuh dari umur aslinya, namun di film ini ia memerankan pria yang umurnya mendekati umur aslinya, dengan sedikit rambut beruban.

3. Saif Ali Khan dan Akshaye Khanna sangat dipertimbangkan untuk memerankan Munna. Mereka berdua bersama Aamir Khan pernah membintangi film Dil Chahta Hai 10 tahun sebelumnya. Namun kali ini Kiran Rao menginginkan seorang aktor yang lebih muda.

4. Aamir Khan Productions menjadi salah satu produser Dhobi Ghat, yang mengantarkan film ini mengumpulkan pendapatan 200 juta rupee dari modal setengahnya, 100 juta rupee.

5. Dalam acara konferensi pers, Kiran Rao menyebut Dhobi Ghat dibuat untuk menghormati superstar Bollywood, Salman Khan. Di sini, Prateik Babbar berperan sebagai fans Salman.

6. Film ini dirilis dalam dua versi. Versi pertama mengandung 40% bahasa Inggris, sedangkan versi kedua sepenuhnya menggunakan dialog dubbing bahasa India.

7. Ketika terjadi serangan Mumbai 2008, syuting ditunda demi keamanan dan pemerintah melarang Kiran Rao melakukan pengambilan gambar di stasiun kereta api. Dalam suatu kesempatan, Kiran menyebut bahwa Mumbai adalah ‘karakter kelima’ film ini.

Komentar Anda