7 Fakta Unik di Balik Film Project A (1983)

Project A adalah sebuah film Hong Kong yang menampilkan trio Jackie Chan, Sammo Hung, dan Yuen Biao. Film ini menggabungkan unsur komedi dengan bela diri secara menarik. Project A mengisahkan sepak terjang Sersan Dragon Ma yang menjadi bagian dari polisi air Hong Kong. Mereka ditugaskan untuk menumpas bajak laut yang sudah menyerang banyak kapal dalam beberapa bulan terakhir. Namun bajak laut itu tak hanya perkasa di lautan, mereka juga punya koneksi orang dalam. Bagaimana Dragon Ma dkk menumpas mereka?

Project A

Berikut beberapa fakta menarik tentang film Project A.

1. Salah satu adegan terkenal dari film ini adalah ketika Jackie Chan bergelantungan di jam menara setinggi 18 meter. Jackie jatuh, menghantam beberapa kanopi, sebelum menghantam tanah dengan posisi kepala di bawah. Adegan ini terinspirasi dari film tahun 1932, Safety Last!.

2. Dalam adegan itu, Jackie Chan sebenarnya begitu takut jatuh secara sia-sia, karena itulah ia terus berpegangan sampai jatuh sendiri karena kehilangan pegangan. Jackie memerlukan waktu seminggu untuk memberanikan dirinya memfilmkan adegan ini sendiri.

3. Jackie Chan melakukan adegan jatuh dari menara sebanyak tiga kali, salah satunya nyaris saja merenggut nyawanya.

4. Ketika memfilmkan adegan kejar-kejaran sepeda, seorang stuntman memberi tahu Jackie Chan bahwa film E.T. the Extra-Terrestrial sedang diputar di bioskop lokal. Jackie menghentikan syuting untuk menonton adegan kejar-kejaran sepeda di akhir film itu hanya untuk memastikan bahwa adegannya dengan adegan di E.T. tidak sama.

5. Danny Trejo melakukan debutnya lewat film ini, yaitu sebagai pengisi suara Lor Sam Pau dalam film versi Inggris.

6. Awalnya, Project A akan diumumkan dengan judul Pirate Patrol, namun produser khawatir para produser Hong Kong lainnya akan bergegas menjiplak dan merilis film-film bajak laut lainnya. Project A sendiri sebenarnya adalah judul sementara.

7. Project A sangat sukses di box office. Film ini mengumpulkan pendapatan sebesar 19 juta HKD dan meraih respon positif dari kritikus film.

Komentar Anda