7 Fakta Unik Tentang Film Fist of Legend (1994)

Fist of Legend adalah film bela diri Hong Kong yang menduetkan Jet Li sebagai produser sekaligus pemeran utama dengan Yuen Woo-ping sebagai koreografer laga. Film ini merupakan remake dari film Bruce Lee tahun 1972, Fist of Fury. Fist of Legend sendiri menceritakan Chen Zhen, seorang mahasiswa China di Universitas Kyoto, yang mengalami perlakuan buruk dari teman-teman Jepangnya. Namun Chen dengan kemampuan bela dirinya bisa mengatasi mereka. Suatu ketika, Chen mendapat kabar bahwa gurunya, Huo Yuanjia, tewas setelah dikalahkan seorang petarung Jepang. Apa yang akan diperbuat Chen selanjutnya?

Fist of Legend

Berikut beberapa fakta tentang Fist of Legend.

~O~

1. Dalam film ini, Jet Li memerankan murid Huo Yuanjia. Uniknya, di film Fearless, Jet Li mendapat peran sebagai Huo Yuanjia sendiri.

2. Film ini menginspirasi Wachowski bersaudara untuk menyewa Yuen Woo-ping sebagai koreografer utama film The Matrix. Adegan perkelahian di dua film ini mengandung banyak kemiripan.

3. Fist of Legend versi bahasa Inggris yang dirilis Miramax dan Buena Vista Distribution mengandung empat kesalahan penerjemahan yang secara drastis mengubah makna film ini secara keseluruhan.

4. Koreografi film berdurasi 103 menit ini juga menginspirasi sejumlah film lain, seperti Hitman dan Kiss of the Dragon.

5. Meski Fist of Legend dianggap sebagai film terbaik Jet Li dan salah satu film terbaik di tengah penurunan industri perfilman Hong Kong kala itu, keuntungan yang dicetak sebesar 14 juta dolar Hong Kong dianggap mengecewakan.

6. Pada tahun 2010, Gordon Chan dan Andrew Lau memproduksi film Legend of the Fist: The Return of Chen Zhen sebagai kelanjutan dari Fist of Legend. Aktor utamanya adalah Donnie Yen yang memerankan Chen Zhen di usia 30 tahunan.

7. Meski plotnya berbeda dengan Fist of Fury, kedua film ini sama-sama menceritakan murid kelima Huo Yuanjia yang kembali ke China setelah gurunya dibunuh.

Komentar Anda