7 Film Barat Terpopuler yang Berlatarkan Kereta Api

Kereta api bukan sekedar alat transportasi, tapi juga sumber inspirasi. Di dunia film, kereta api sering dijadikan latar belakang berbagai adegan atau bahkan tema utama. Sejak kereta api pertama dibangun, film-film yang bertemakan alat transportasi panjang ini mulai bermunculan, bahkan sejak awal 1900-an. Film bisu The Great Train Robbery, misalnya, diproduksi pada tahun 1903 dan dianggap sebagai film laga Amerika pertama. Setelah itu, sineas makin gencar membuat film-film tentang kereta api sampai sekarang.

film-kereta-api

Kali ini, kami ajak Anda menyimak ulasan tentang film-film Hollywood yang berlatarkan atau bertemakan kereta api dalam beberapa tahun terakhir.

=====

1. Unstoppable (2010)

Dibintangi oleh: Denzel Washington, Chris Pine

unstoppable

Diangkat secara longgar dari kejadian nyata tentang insiden CSX 8888, film bencana ini menceritakan bagaimana jadinya bila kereta api bermuatan bahan berbahaya tak bisa dihentikan dan terus melaju. Karena sebuah kesalahan yang terjadi di pangkalan kereta, sebuah kereta api yang mengangkut kargo berisi bahan-bahan kimia melaju dengan kencang tanpa ada masinis yang mengendarainya. Seluruh pihak berpacu dengan waktu untuk menghentikannya sebelum petaka terjadi di tikungan tajam padat penduduk yang akan dilewati kereta ini. Unstoppable mendapat nominasi Oscar untuk kategori Penyuntingan Suara Terbaik.

2. Snowpiercer (2013)

Dibintangi oleh: Chris Evans, Song Kang-ho, Tilda Swinton, Jamie Bell, Octavia Spencer, John Hurt, Ed Harris

snowpiercer

Film produksi Korea ini mengkasting aktor campuran dari Hollywood dan Korea. Dengan budget 40 juta dolar AS, Snowpiercer menjadi film produksi Korea termahal sampai saat ini. Berlatar belakang di zaman es post-apocalyptic, para manusia yang tersisa di bumi berada di kereta super, Snowpiercer, yang bergerak melintasi benua. Dunia sudah hancur dan membeku, kecuali mereka yang ada di kereta itu. Selama 17 tahun, mereka hidup di sana, menciptakan sistem ekonomi sendiri, serta sistem kelas. Namun revolusi mulai memercik ketika warga dari kelas bawah di belakang mulai merangsek maju ke kelas elit di depan.

3. Transsiberian (2008)

Dibintangi oleh: Woody Harrelson, Emily Mortimer, Ben Kingsley

transsiberian

Film produksi Jerman, Inggris, dan Spanyol ini berlatar belakang di Trans-Siberian Railway, jaringan rel kereta api yang menghubungkan kota Moskow dengan Timur Jauh Rusia. Pasangan misionaris Roy dan Jessie sedang dalam perjalanan pulang dari China. Mereka naik kereta dari Beijing ke Moskow. Di kereta, mereka berteman dengan Carlos, pria Spanyol, yang sedang traveling dengan pacarnya dari Amerika, Abby. Pertemuan ini menjadi menarik ketika Roy ketinggalan kereta dan Jessie hanya bertiga dengan Carlos dan Abby. Carlos tertarik pada Jessie dan berusaha mendekatinya. Namun hal itu akan berujung pada kejadian yang tak disangka.

NEXT

Komentar Anda