7 Leader Boyband K-Pop yang Dikira Sebagai Member Tertua

Leader grup idol K-Pop biasanya dipilih dari member tertua. Namun sebenarnya member usia berapapun -selama dia mampu memimpin rekan-rekannya dan pandai berkomunikasi dengan setiap orang- bisa saja menjadi seorang leader. Lebih jauh lagi, dia harus mampu menyatukan seluruh member dan menjadi juru bicara grup.

Sebagian grup memilih leader dari member tertua, tapi sebagian lagi memilih berdasarkan kriteria-kriteria di atas. Nah inilah tujuh leader boyband K-Pop yang sering salah dianggap sebagai member tertua.

1. Zico Block B

Zico Block B

Zico bukan sekedar rapper berbakat, dia juga leader Block B. Dan tak hanya memiliki kelebihan dalam memproduksi musik, Zico juga dikenang fans K-Pop sebagai leader muda yang mampu memimpin grupnya menjadi sesukses sekarang.

Zico bukanlah member tertua Block B seperti yang dikira orang selama ini. Faktanya, dia justru tergolong member termuda grup itu (lini maknae Block B terdiri atas Zico, P.O, Kyung, dan U-Kwon). Namun penampilan Zico sangat dewasa, tegas, dan susah didekati. Hal ini membuat Zico sering disalahpahami sebagai member tertua di grup.

2. Suho EXO

Suho EXO

Bicara soal leader paling bertanggungjawab di belantara K-Pop, maka kita pasti tak bisa melupakan Suho EXO. Sebagai leader berbakat yang sangat care dengan rekan-rekannya, Suho selalu dipuja dan dihormati oleh fans dan member EXO.

Melihat momen-momen serius Suho, orang bisa dengan mudah berkesimpulan bahwa dia adalah member tertua, terutama karena dia juga punya penampilan matang. Member tertua EXO sebenarnya adalah Xiumin yang punya penampilan fresh dan youthful.

3. Seungyoon WINNER

Seungyoon WINNER

Leader K-Pop lainnya yang juga punya talenta besar adalah Seungyoon WINNER yang dipercaya rekan-rekannya menjadi leader terbaik. Setelah finish di peringkat keempat di acara TV populer Superstar K2 di tahun 2010, dia melakukan debut solo di tahun 2013 dan mendulang banyak kesuksesan.

Seungyoon juga dijuluki “Maknae Leader” karena meski dia merupakan member termuda, dia mampu menunjukkan kemampuannya yang besar dalam menjadi pemimpin.

4. RM BTS

RM BTS

RM adalah orang yang bijak dalam pikiran dan tindakan. Dia selalu mengingatkan member lainnya untuk selalu berhati-hati di setiap hal. Dia juga mampu menjawab hampir semua pertanyaan yang diajukan reporter pada BTS saat mereka berpromosi di Amerika Serikat.

RM adalah leader brilian yang selalu berusaha sebaik mungkin. Belum lagi bila kita mempertimbangkan segala kata-kata RM yang bisa menginspirasi dan menenangkan para fans ketika mereka diterpa suatu masalah. Karena itulah RM kerap dianggap sebagai member tertua, meski kenyataannya Jin adalah yang paling tua.

5. B.I iKON

B.I iKON

B.I adalah leader berbakat yang sudah membuktikan kapasitasnya dalam dua program survival yang diikuti iKON, yaitu WIN dan Mix&Match. Di dua program ini, B.I menunjukkan kemampuannya memimpin tim dalam suka maupun duka meski dia sebenarnya masih muda.

Terkadang B.I memang tampak childish dan kaku, tapi dia ditakdirkan untuk terlahir sebagai leader iKON.

6. G-Dragon BIGBANG

G-Dragon BIGBANG

Semua orang, bahkan haters, mengakui bahwa G-Dragon adalah sosok musisi dan leader yang hebat. Posisi leader memang dikhususkan untuknya dan selama 10 tahun ini dia sudah membawa BIGBANG menjadi boyband paling berpengaruh di industri musik Korea.

G-Dragon adalah leader paling berbakat dan karismatik. Dia seorang musisi jenius yang telah menciptakan banyak karya musik penting. Tak lupa, GD juga seorang trendsetter, ikon fashion, dan role model bagi banyak idol lainnya.

7. Taeyong NCT

Taeyong NCT

NCT memang belum sepopuler senior-senior mereka di K-Pop, karena itulah orang tak terlalu banyak mengenal sang leader, Taeyong. Tapi jika kita menonton acara-acara yang melibatkan NCT, kita akan tahu pasti bahwa Taeyong adalah seorang leader yang baik, manis, dan bertanggungjawab.

Taeyong punya pemikiran yang matang hingga banyak orang mengira dia sebagai member tertua, meski kenyataannya tidak demikian. Kepribadiannya yang innocent dan simpel membuat makin banyak orang tertipu.

Komentarmu