8 Fakta Menarik Tentang Film Sarkar (2005)

Sarkar adalah film Bollywood tahun 2005 yang mengusung genre kriminal. Film ini menduetkan pasangan bapak dan anak, Amitabh dan Abhishek Bachchan, sebagai pemeran utama didampingi sejumlah aktor lain, termasuk Katrina Kaif dan Kay Kay Menon. Sarkar terinspirasi dari film mafia legendaris, The Godfather (1972). Seperti Don Corleone, Sarkar juga merupakan sosok yang sangat berpengaruh dan punya banyak pengikut. Ia pun mengalami nasib yang sama dengan Corleone ketika ia menolak tawaran berbisnis dengan mafia lain, yaitu hendak dibunuh. Ia bahkan dijebak dalam sebuah kasus pembunuhan yang tak ia lakukan.

Sarkar

Berikut beberapa fakta tentang film Sarkar.

1. Film blockbuster ini ditayangkan perdana dalam ajang New York Asian Film Festival. Sarkar bahkan diarsipkan di perpustakaan American Academy of Motion Pictures.

2. Sutradara sekaligus produser Ram Gopal Varma sebenarnya sudah mengkasting Amitabh Bachchan untuk tampil di film Ek, namun ia memutuskan mengesampingkan skenario itu dan memilih menampilkan duo ayah dan anak ini untuk pertama kalinya di layar lebar.

3. Suara Katrina Kaif di film ini didubbing oleh artis dubbing.

4. Banyak sutradara berupaya menduetkan duo Bachchan ini sebelum Ram Gopal Varma sukses mengunci keduanya dalam Sarkar untuk kali pertamanya, meskipun film Bunty Aur Babli (yang juga dibintangi duo Bachchan) dirilis terlebih dahulu. Dalam Bunty Aur Babli, duo Bachchan ini bergabung belakangan setelah Sarkar.

5. Istilah Sarkar dalam bahasa India digunakan untuk menyebut seseorang yang punya kuasa, seperti Don dalam film The Godfather.

6. Ram Gopal Varma sebenarnya sudah berupaya membuat film ini di tahun 1993 dengan judul Nayak, namun kala itu Sanjay Dutt yang diplot sebagai pemeran utamanya dipenjara. Ram pun mengarsipkan film ini.

7. Sarkar mengusung budget 1,9 juta dolar AS dan memperoleh pendapatan mencapai 5,9 juta dolar AS.

8. Sekuel film ini dibuat dalam bahasa Telugu dengan judul Rowdy, yang juga sama-sama sukses secara komersial dan kritis. Sedangkan sekuel aslinya, Sarkar Raj, dirilis pada 2008 dan menampilkan beberapa muka baru seperti Aishwarya Rai Bachchan. Film itu pun juga sukses.

Komentar Anda